Alat Penggal hingga Bayi 'Hantu', Ini 10 Mainan Paling Horor

113

redaksi.co.id – Alat Penggal hingga Bayi 'Hantu', Ini 10 Mainan Paling Horor

Jika mendengar kata mainan, mungkin sebagian besar dari kita langsung teringat akan anak-anak. Suara tawa pun terlintas ketika membayangkan mereka bermain dengan boneka, mobil-mobilan, maupun berbagai macam robot.

Walaupun mainan identik dengan kegembiraan anak-anak, namun terdapat beberapa di antaranya yang justru kontras dengan hal tersebut. Mereka malah menimbulkan rasa takut dan kengerian.

Sejumlah mainan yang berasal dari masa Revolusi Prancis, Era Victoria, hingga 1990-an justru dijauhi karena dianggap menakutkan. Dikutip dari Listverse, Kamis (25/8/2016), berikut 10 mainan menyeramkandari masa lampau.

1. Alat Penggal Mini

Selama Revolusi Prancis, guillotine atau alat penggal yang memiliki ukuran setinggi 0,6 meter menjadi mainan populer di kalangan anak-anak. Mereka menggunakannya untuk memotong kepala boneka, burung, dan tikus.

Pada 1970-an, toko mainan Amerika memperkenalkan kembali mainan mengandung unsur kekerasan itu. Namun setelah para orangtua memprotes hal tersebut, akhirnya guillotine mini “dihapus” dari pasar.

2. Laboratorium Energi Atom

Mainan bernama Gilbert U-238 Atomic Energy Lab merupakan laboratorium nuklir mini yang diproduksi untuk anak-anak pada 1951. Benda dengan harga US$ 50 (saat ini sekitar US$350 atau Rp 4,6 juta) tersebut, memiliki tiga sumber radioaktif dengan tingkat sangat rendah.

Penemu mainan itu, Alfred Carlton Gilbert, mengklaim materi radioaktif yang terdapat dalam perangkat mainan sangat aman–entah klaim tersebut benar atau tidak. Untungnya, mainan menakutkan itu hanya bertahan selama satu tahun, yakni dari 1951 hingga 1952.

3. Boneka Bayi Merangkak

Dipatenkan pada 1871, “creeping baby doll” atau boneka bayi yang merayap merupakan mainan dari Era Victoria–periode pemerintahan Ratu Victoria dari 20 Juni 1837 sampai kematiannya pada 22 Januari 1901–yang menggambarkan bayi merangkak.

Meskipun itu merupakan boneka bayi merangkak pertama, namun mainan tersebut tak menarik bagi anak-anak karena dianggap sangat menakutkan, berat, dan tidak interaktif.

4. Toko Daging Menakutkan

Replika toko daging tersebut merupakan representasi dari toko daging sebenarnya. Dalam mainan itu, terdapat tukang jagal lengkap dengan asistennya, sosis yang digantung, miniatur daging terkait dengan kait besi, lantai tertutup serbuk gergaji, dan darah.

Jika dijual pada saat ini, mungkin mainan itu mengejutkan banyak orang. Namun pada Era Victoria, replika toko daging itu serupa dengan replika supermarket saat ini.

5. Boneka Keramik

Boneka porselen yang tampak menyeramkan itu pertama kali diproduksi di Jerman pada 1850 dan dijual sebagai teman bermain saat mandi.

Namun, mainan itu kemudian dikaitkan dengan puisi populer “Young Charlotte” yang bercerita tentang meninggalnya seorang perempuan muda ketika bermain seluncur es dengan kekasihnya pada perayaan tahun baru–boneka itu pun berganti nama menjadi “Frozen Charlotte”.

Jika cerita tersebut kurang seram, mainan tersebut juga dilengkapi dengan selimut dan peti mati.

6. Boneka ‘Berwajah Seribu’

Pada 1975, sebuah perusahaan Amerika Serikat Kenner memperkenalkan “Hugo, Man of a Thousand Faces” (Hugo, Pria Seribu Wajah) untuk anak-anak berusia 5-11 tahun. Kepala Hugo dibuat dari karet lembut dan lengannya berisi kapas.

Wajah Hugo dapat berubah dengan menempelkan berbagai macam atribut ke wajahnya. Namun popularitasnya tak mencapai tahun 1970-an karena lem tak bertahan lama–atau karena ia berwajah menyeramkan.

7. Furby

Furby pertama kali muncul di toko mainan Amerika Serikat pada 1998 dan langsung memicu kehebohan. Dalam kurun tiga tahun, 40 juta unit telah terjual.

Mainan yang menyerupai burung hantu itu dapat berbicara dan kadang bisa hidup dengan sendirinya. Terdapat beberapa laporan yang mengaku bahwa Furby berbicara dengan pemiliknya pada malam hari–bahkan setelah baterainya dilepas.

8. Automata Berisi Burung Hidup

Pada Abad ke-18, terdapat automata dari Jerman yang pertama kali ditampilkan di katalog Nuremberg. Automata tersebut berbentuk figur manusia dengan lubang yang digunakan untuk memasukkan burung di dalamnya.

Ketika seekor burung mencoba masuk ke dalam, hal tersebut membuat automata bergerak. Namun sejumlah orang menganggap mainan itu kejam.

9. Baby Secret

Baby Secret merupakan boneka yang diproduksi pada 1966 oleh perusahaan Matel. Mainan itu memiliki tinggi 45 sentimeter dan memiliki kulit lembut. Mulutnya dapat bergerak ketika berbicara.

Ketika talinya ditarik, ia dapat mengeluarkan suara bisikan menyeramkan “Aku ingin mengatakan kepadamu sesuatu” dan “Aku ingin tidur bersamamu”.

10. Little Miss No-Name

Little Miss No-Name merupakan boneka yang dipasarkan oleh perusahaan mainan Hasbro pada 1965. Mainan itu memiliki mata besar yang tak dapat berkedip dan mulut kecil menyiratkan ekspresi sedih. Ia juga memiliki air mata palsu di pipinya.

Walaupun dibuat untuk menarik hati gadis kecil, namun anak-anak justru lari ketakutan melihat boneka tersebut. Akhirnya, Hasbro memberhentikan produksi mainan itu setelah setahun dirilis.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!