5 Pemain Barca Ini Siap Ciptakan Kejutan

99

redaksi.co.id – 5 Pemain Barca Ini Siap Ciptakan Kejutan

Bicara Barcelona, pikiran jagat sepak bola dunia tentu langsung tertuju pada nama Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Maklum, kolaborasi tiga pemain itu sudah menjadi tulang punggung Barca sejak musim 2014/2015.

Sukses Barca meraih dua gelar La Liga, dua Copa del Rey, satu Piala Super Spanyol, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub dalam dua tahun terakhir tak lepas dari kontribusi mereka.

Namun, bukan berarti pemain lain tak memiliki peran dalam kesuksesan Barca. Jangan lupakan pemain seperti Andres Iniesta, Javier Mascherano, hingga Sergio Busquets.

Musim 2016/2017, besar kemungkinan trio akan kembali menjadi tajuk utama Barca. Namun, setidaknya ada lima pemain yang juga memiliki kesempatan untuk unjuk gigi di musim ini. Berikut daftar lima pemain Barca yang siap tampil mengejutkan:

Suarez

Suarez menimba ilmu sepak bolanya bersama akademi Celta Vigo. Lalu, ia diberi kesempatan untuk tampil bersama tim Celta di musim 2010/2011. Tepat di musim panas 2011, ia bergabung dengan Manchester City. Namun, ia tak mendapat kesempatan untuk memperkuat tim utama.

Akhirnya, ManCity melepas Suarez ke Barca di musim panas 2013 dengan mahar 1,5 juta euro. Sayang, posisinya sebagai gelandang membuat Suarez kesulitan bersaing mendapatkan tempat. Itu mengapa Suarez dipinjamkan ke Sevilla di musim panas 2014 sebelum akhirnya dijual ke Villarreal di musim panas 2015.

Lucunya, Blaugrana malah kembali merekrutnya di musim panas 2016 dengan mahar 3,3 juta euro. Tampaknya, Barca terkesan dengan aksi Suarez bersama Villarreal di musim 2015/2016. Dari 48 laga, pemain berusia 22 tahun itu menyumbang lima gol dan 13 assist.

Pelatih Luis Enrique pun mulai memberikan kepercayaan kepadanya. Ia selalu tampil di dua laga Piala Super Spanyol dan pekan perdana La Liga. Kolaborasinya bersama Sergio Busquets dan Ivan Rakitic di lini tengah bisa menjadi senjata mematikan Barca di musim ini.

Arda Turan

Keputusan hijrah ke Barca mungkin pernah disesali Turan. Ia direkrut dari Atletico Madrid di musim panas 2015 dengan mahar 34 juta euro. Namun, Turan baru bisa dimainkan per Januari 2016 karena saat itu Barca tengah menjalani sanksi hukuman soal transfer pemain.

Sayang, penampilan Turan di musim 2015/2016 belum cukup memuaskan. Dari 28 pertandingan, pemain asal Turki itu hanya menyumbang lima gol dan enam assist.

Meski begitu, kemungkinan besar Turan mampu membuat Enrique terkesan dengan penampilannya di musim 2016/2017. Syaratnya tentu Turan harus diberikan kepercayaan lebih. Hal itu langsung dibuktikan Turan di dua laga Piala Super Spanyol 2016 dan pekan perdana La Liga.

Di dua laga Piala Super Spanyol melawan Sevilla, Turan menyumbang satu assist dan dua gol. Ia juga ikut menyumbang satu gol dan satu assist saat Azulgrana mempermalukan Real Betis 6-2 di Camp Nou.

Roberto

Roberto sudah menjadi keluarga besar Barca sejak 2006. Akademi Barca merekrut Roberto setelah menghabiskan lima tahun bersama Gimnastic de Tarragona. Saat berusia 17 tahun pada 2009, ia diberikan kesempatan tampil bersama tim Barca B.

Setelah tampil dalam 106 laga bersama tim Barca B, ia mengecap debutnya bersama tim senior pada 10 November 2010. Namun, ia tak sepenuhnya mendapat kepercayaan penuh mengingat persaingan sengit yang terjadi di lini tengah Barca.

Kesempatan tampil paling banyak baru didapat Roberto di musim 2015/2016. Ia menghiasi musim lalu dengan 49 penampilan, satu gol, dan tujuh assist. Di musim ini, tanda-tanda membaiknya karier pemain berusia 24 tahun itu mulai terlihat.

Indikasinya adalah kesempatan yang diberikan Enrique kepada Roberto untuk tampil sebagai starter pada leg pertama Piala Super Spanyol 2016 dan laga perdana La Liga. Apalagi, Roberto memiliki kelebihan untuk ditempatkan di banyak posisi. Musim ini, Enrique memasang Roberto sebagai bek kanan untuk menggantikan Dani Alves yang hijrah ke Juventus.

Ter Stegen

Ter Stegen direkrut Barca dari Borussia Moenchengladbach di musim panas 2014 dengan mahar 12 juta euro. Meski memiliki bakat hebat, Ter Stegen kalah bersaing dengan Claudio Bravo dalam perebutan posisi kiper utama.

Agar tak frustrasi, Enrique pun membagi tugas buat Bravo dan Ter Stegen di musim 2015/2016. Ter Stegen diplot sebagai kiper utama Blaugrana di Liga Champions dan Bravo di La Liga. Musim ini, hampir pasti Ter Stegen bakal diplot sebagai kiper utama Barca.

Itu karena Bravo sudah dilepas Barca ke ManCity di musim panas ini dengan biaya 12 juta euro. Artinya, Ter Stegen, 24, sudah bisa memulai petualangannya sebagai kiper utama Barca sejak laga melawan Athletic Bilbao di San Mames Barria, Senin (29/8/2016) dinihari WIB.

Digne

Menambah stok bek kiri adalah alasan mengapa Barca mendaratkan Digne dari Paris Saint-Germain di musim panas ini. Namun, ia harus bersabar menjadi bayang-bayang Jordi Alba. Tentu saja, Enrique lebih mempercayakan Alba mengemban tugas sebagai bek kiri utama.

Jika diberi kepercayaan lebih, Digne tentu akan menjawabnya dengan aksi mengesankan. Saat dipinjamkan ke AS Roma di musim 2015/2016, Digne ikut menyumbang tiga gol dan lima assist dari 42 laga.

Di musim 2016/2017, pemain berusia 23 tahun itu sudah dimainkan di tiga laga. Namun, ia tak pernah tampil sepanjang 90 menit. Ia hanya sekali tampil sebagai starter dan dua kali sebagai pengganti.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

loading...

Comments

comments!