Kiper Anyar Barcelona Lakoni Debut Timnas Lawan Indonesia

redaksi.co.id - Kiper Anyar Barcelona Lakoni Debut Timnas Lawan Indonesia Kehadiran Jasper Cillessen sebagai kiper baru Barcelona tentu disambut antusias fans. Itu karena Cillessen adalah kiper...

45 0

redaksi.co.id – Kiper Anyar Barcelona Lakoni Debut Timnas Lawan Indonesia

Kehadiran Jasper Cillessen sebagai kiper baru Barcelona tentu disambut antusias fans. Itu karena Cillessen adalah kiper yang telah menunjukkan kualitasnya selama bertahun-tahun. Apalagi, ia menyandang status sebagai kiper utama Timnas Belanda.

Dengan nama besarnya, Barca tak kesulitan mencari pengganti Claudio Bravo yang dijual ke Manchester City di bursa transfer musim panas ini. Buktinya, Barca langsung mengumumkan kedatangan Cillessen sebagai kiper baru mereka pada Kamis (25/8/2016).

Bagi Marc-Andre ter Stegen, kedatangan Cillessen memang menjadi sebuah musibah. Pasalnya, impiannya untuk merebut tempat sebagai kiper utama Barca akan semakin sulit. Seperti diketahui, Ter Stegen hanya dimainkan pelatih Luis Enrique di Liga Champions pada sejak musim 2014/2015. Di La Liga, Enrique lebih memilih Bravo.

Status kiper utama pun tampaknya akan diberikan Enrique kepada Cillessen. Itu karena pengalaman dan kualitas Cillessen jauh lebih teruji dibandingkan dengan Ter Stegen, khususnya di timnas masing-masing. Jika Ter Stegen belum pernah tampil di turnamen besar bersama Timnas Jerman, Cillessen justru sudah menjadi kiper utama Timnas Belanda di Piala Dunia 2014 Brasil.

Uniknya, debut Ter Stegen bersama Timnas Senior Belanda didapat saat mereka menjalani laga uji coba melawan Timnas Indonesia. Momen itu terjadi pada 7 Juni 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta. Belanda menang tiga gol tanpa balas saat itu.

Di laga itu, Cillessen dimainkan pelatih Louis van Gaal selama 45 menit pertama. Cillessen tak mendapatkan perlawanan yang berarti dari Timnas Indonesia yang saat itu ditangani Jacksen F Thiago. Kolaborasi Boaz Solossa, Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo, dan Immanuel Wanggai tak mampu membuat Cillessen sibuk.

Di awal babak kedua, ia langsung digantikan Kenneth Vermer. Namun, siapa sangka laga melawan Timnas Indonesia menjadi awal karier gemilang Cillessen bersama De Oranje.

Hingga kini, ia telah mengoleksi 30 caps bersama Timnas Belanda di semua ajang. Penampilannya di Piala Dunia 2014 membawa Belanda merebut peringkat ketiga setelah menang 3-0 atas tuan rumah Brasil.

Karier hebat Cillessen juga terukir bersama Ajax. Tampil di 143 pertandingan, kebobolan 119 gol, dan mencetak 63 clean sheet, kiper berusia 27 tahun itu ikut membantu Ajax memenangi tiga gelar Eredivisie dan satu Piala Super Belanda.

Namun, bukan Ajax yang pertama kali menemukan bakat Cillessen. Adalah De Treffers yang memiliki andil besar di balik karier gemilang Cillessen. Tercatat, Cillessen menimba ilmu di De Treffers sejak 1996-2001. Setelah itu, ia hijrah ke NEC dan bermain hingga 2010 sebelum direkrut Ajax pada musim panas 2011.

Kini, Barca menjadi klub yang beruntung karena bisa mendapatkan Cillessen. Mahar yang dikeluarkan Barca untuk merekrut Cillessen adalah 13 juta euro. Setelah menjalani tes medis, Cillessen langsung meneken kontrak berdurasi lima tahun.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!