Ini Daftar Negara Paling Berisiko Terkena Bencana Alam

redaksi.co.id - Ini Daftar Negara Paling Berisiko Terkena Bencana Alam Sekelompok ahli bencana alam menyimpulkan bahwa kepulauan di Samudra Pasifik, negara-negara di Asia Tenggara dan di...

40 0

redaksi.co.id – Ini Daftar Negara Paling Berisiko Terkena Bencana Alam

Sekelompok ahli bencana alam menyimpulkan bahwa kepulauan di Samudra Pasifik, negara-negara di Asia Tenggara dan di Amerika Tengah mendominasi negara-negara berisiko tertinggi terkena bencana.

Indeks Risiko Dunia 2016 memberi peringkat terhadap 171 negara sesuai dengan kerentanan terhadap bencana alam, yakni gempa bumi, banjir dan badai.

“Bencana terjadi ketika sebuah peristiwa alam yang ekstrim menguasai kemampuan orang untuk melindungi diri mereka sendiri,” kata para peneliti dalam laporannya, seperti dilansir Reuters pada 25 Agustus 2016.

Faktor ekonomi dan sosial yang buruk membuat sejumlah negara kesulitan menjaga keamanan warganya. Para ahli merujuk pada Kepulauan Solomon (peringkat 6), Papua Nugini (peringkat 10) dan Guinea-Bissau (peringkat 15) yang sangat rentan terkena bahaya.

Faktor-faktor yang membuat orang lebih rentan terhadap bencana termasuk kemiskinan, perumahan kumuh, terbatasnya akses ke layanan kesehatan dan air bersih, korupsi dan penegakan hukum yang lemah.

Berikut adalah beberapa fakta dari indeks yang menyertai Laporan Risiko Dunia yang dilansir United Nations University, University of Stuttgart dan Bundnis Entwicklung Hilft, aliansi lembaga bantuan Jerman:

* Vanuatu adalah negara dengan risiko bencana tertinggi, diikuti oleh Tonga, Filipina, Guatemala dan Bangladesh.

* Lima negara dengan risiko bencana terendah adalah Qatar, Malta, Arab Saudi, Barbados dan Grenada.

* Tiga belas dari 15 negara dengan kerentanan tertinggi berada di Afrika.

* Negara-negara seperti Liberia (peringkat 56), Zambia (peringkat 66) dan Republik Afrika Tengah (peringkat 71) yang cukup lemah terkena bencana alam tetapi sangat rentan.

* Australia, peringkat 121, menunjukkan bagaimana kerentanan rendah meringankan eksposur yang relatif tinggi terhadap kekeringan, gempa bumi dan kenaikan permukaan laut.

* Namun Jepang berada di peringkat 17 karena paparan yang sangat tinggi, terutama untuk gempa bumi dan banjir, meskipun memiliki banyak langkah-langkah untuk melindungi rakyatnya.

* Global hot-spot untuk risiko bencana tinggi – Oceania, Asia Tenggara, Amerika Tengah dan wilayah Sahel selatan Afrika – tidak berubah sejak indeks diluncurkan pada tahun 2011.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi 34 negara yang paling berisiko terkena bencana menurut penelitian tersebut. NEWS.COM.AU | REUTERS | YON DEMA

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!