Uang 'Panas' Rp 40 Miliar Ditemukan di Bagasi Mobil

redaksi.co.id - Uang 'Panas' Rp 40 Miliar Ditemukan di Bagasi Mobil Petugas patroli perbatasan di California, Amerika Serikat, menemukan 'hadiah' yang tak disangka-sangka. Yaitu, uang senilai...

31 0

redaksi.co.id – Uang 'Panas' Rp 40 Miliar Ditemukan di Bagasi Mobil

Petugas patroli perbatasan di California, Amerika Serikat, menemukan ‘hadiah’ yang tak disangka-sangka. Yaitu, uang senilai US$ 30 juta atau sekitar Rp 40 miliar.

Bagi mereka yang bekerja di keamanan perbatasan antara AS dan Meksiko,, uang tunai itu merupakan temuan paling bersejarah. Di masa lalu, petugas patroli perbatasan bahkan menemukan uang tunai yang dibawa ke wilayah itu semakin lama angkanya kian kecil.

“Kali ini, temuan uang tunai merupakan angka paling fantastis,” kata Raloh DeSio, juru bicara Bea Cukai dan Perbatasan AS di San Diego.

Biasanya, kata DeSio, uang dengan jumlah besar terkait dengan narkoba. Demikian seperti dilansir dari CNN, Minggu (28/8/2016).

Penyelundupan mata uang asing dan pencucian uang adalah salah satu bisnis kartel Meksikoselain heroin dan kokain di seluruh AS. ‘Usaha’ lainnya adalah penyelundupan manusia.

Menurut para pengamat, para gangster itu kerap membawa uang tunai jutaan dolar. Bagi mereka pasar AS begitu menarik. Dan, California menjadi pusat dari aktivitas itu.

Los Angeles juga dikenal sebagai ‘pusat’ untuk pencucian uang oleh para kartel narkoba internasional. Pada tahun 2014, pemerintah federal menggerebek sebuah bisnis dan menemukan uang tunai US$ 100 juta serta belasan akun bank dari seluruh dunia.

San Diego San Diego merupakan pusat utama bagi perdagangan hasil dari kegiatan terlarang, kata DeSio. Uang itu ditemukan di sebuah Volkswagen Passat, kata dia, mobil yang tidak mungkin menarik perhatian.

Uang itu besar, bagaimanapun, jika dibandingkan dengan penemuan di tempat lain, seperti US$ 24 juta yang disita pada Juni oleh Polisi Miami-Dade di Florida.

Petugas menyita US$ 23 juta tunai pada tahun 2011 selama Operasi Four Horsemen di metro Atlanta, kota perdagangan utama untuk narkoba yang datang dari Pantai Timur dan pengiriman uang kembali ke Meksiko.

Kartel Meksiko menggunakan traktor-trailer untuk memberikan uang tunai dari rumah simpanan Atlanta ke brankas kartel di Meksiko, kata Rodney Benson, yang mengepalai Kantor Drug Enforcement Administration (DEA) di Atlanta pada saat penggerebekan.

Para agen San Diego Patroli Perbatasan berhasil menggagalkan uang kiriman itu pada Selasa lalu. Saat itu, petugas menangkap dua pria di Escondido, di utara San Diego dan sekitar 40 mil dari perbatasan Meksiko.

Seorang agen dengan mobilnya, menepikan mobil jenis KIA dan menemukan hampir US$ 34.000 disimpan di konsol, kata badan itu. Seorang warga AS berusia 53 tahun ditangkap.

Agen lain mampu menemukan sebuah Volkswagen Passat yang diduga iring-iringan mobil KIA yang ditangkap. Mereka menangkap seorang sopir berusia 41 tahun warga negara Meksiko, karena dicurigai penyelundupan mata uang.

“Di bagasi Passat ditemukan US$ 3 juta,” kata lembaga itu.

Petugas patroli perbatasan kemudian menyerahkan dua tersangka kepada Homeland Security. Kini, mereka menghadapi tuduhan federal untuk penyelundupan mata uang.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!