Duel Ponsel Korea Selatan: Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7

95

redaksi.co.id – Duel Ponsel Korea Selatan: Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7

Produsen smartphone asal Korea Selatan, Foxconn, baru saja meluncurkan smartphone teranyarnya yaitu Foxconn Luna yang diklaim memiliki ketangguhan setara dengan smartphone buatan Amerika Serikat iPhone.

Hadirnya Foxconn Luna turut meramaikan pasar smartphone di tanah air yang menurut data We Are Social pengguna smartphone telah mencapai angka 318,5 juta pengguna dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 255,5 juta penduduk dengan pengguna Internet aktif yang mencapai 88,8 juta pengguna.

Foxconn Luna hadir dan akan berhadap-hadapan melawan Samsung Galaxy A7 yang telah diperkenalkan ke pasar terlebih dulu. Dari sisi desain, Luna menawarkan bahan alumunium yang digunakan untuk melapisi seluruh body smartphone-nya dan dibuat dengan menggunakan logam 8 CNC process sehingga nyaman digenggam.

Tidak berbeda jauh dengan Galaxy A7 yang menawarkan smartphone berbahan dasar metal di seluruh bodynya ditambah dengan tampilan tombol home fisik berbentuk oval yang tercetak di sisi tengah, mengapit tombol back dan multitasking tersembunyi di sisi kanan dan kiri. Dari sisi layar tampilan, Foxconn Luna menawarkan layar sebesar 5,5 inci beresolusi 1920×1080 pixel atau lebih dikenal dengan nama Full High Definition (HD).

Melalui layar sebesar ini, pengguna dengan mudah menikmati konten multimedia seperti foto dan video termasuk untuk melakukan aktivitas browsing, social media dan bermain game. Ukuran layar yang ditawarkan Luna serupa dengan Samsung Galaxy A7 yaitu 5,5 inci dengan layar berteknologi Amoled full HD beresolusi 1920×1080 pixel yang dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3, sehingga tidak mudah tergores pada saat ditaruh saku bersamaan dengan kunci.

Samsung Galaxy A7 mempercayakan dapur pacu miliknya kepada Chipset Exynos 7580 dengan prosesor octa core Exynos 7580 1,6 GHz Cortex-A53 ditambah memori internal sebesar 16 GB dan RAM sebesar 3 GB dan untuk memudahkan penggunanya menjalankan aplikasi pada saat yang bersamaan.

Adapun Foxconn Luna menggunakan chipset Snapdragon seri 800 dengan prosesor high-end Qualcomm Snapdragon 801 Quad Core 2.5 GHz ditambah memori internal sebesar 64 GB dan RAM berukuran 3 GB. Dari sisi kamera, Luna dan Samsung Galaxy A7 menawarkan kamera belakang berkekuatan 13 MP, perbedaannya ada pada kamera depan atau kamera selfie yang ditawarkan.

Jika Foxconn Luna menawarkan kamera depan berkekuatan sebesar 8 MP, pengguna Samsung Galaxy A7 harus puas hanya dengan kamera selfie hanya berukuran 5 MP. Kendati demikian, dari sisi fitur kamera belakang Luna memiliki aperture atau bukaan hingga F/2.0 dan Dual LED Flash yang membantu pencahayaan makin optimal, sehingga kamera tetap bisa digunakan dalam berbagai kondisi cahaya.

Untuk kamera depannya, memiliki bukaan hingga F/1.8 dengan wide angle sangat cocok bagi pecinta selfie, termasuk fitur instant seperti Face Beauty yang dapat mempercantik wajah secara instan. Adapun kamera belakang yang ditawarkan Samsung Galaxy A7, menawarkan bukaan yang kecil yakni f/1.9. Bukaan ini sebelumnya pernah dihadirkan untuk Galaxy S6 dan Galaxy Note 5.

Dengan bukaan yang kecil, maka cahaya yang ditangkap lebih banyak lagi. Membuat hasil jepretan terlihat lebih cerah, bahkan di kondisi minim cahaya sekalipun. Kemudian kamera depan Samsung, juga dibekali dengan bukaan f/1.9. sehingga selfie pun tak perlu takut low light, karena bukaan tadi bisa menangkap cahaya lebih banyak dari bukaan di versi sebelumnya.

Beberapa fitur kamera lain yang ditawarkan Samsung adalah Optical Image Stabilization, Autofocus, face detection, panorama, dan ketinggalan LED flash yang menemani kamera utama. Selain itu, dari sisi user interface Operating System (OS) ke duanya juga memiliki perbedaan.

Samsung Galaxy A7 masih mengadopsi Android 5.1.1 atau yang dikenal dengan nama Lollipop, sedangkan Luna selangkah lebih maju dengan mengadopsi Android 6.0 atau Marshmallow yang kini banyak digunakan oleh vendor smartphone. Tidak banyak perbedaan yang ditawarkan oleh ke dua vendor ini. Kedua smartphone ini rencananya dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan. BISNIS.COM

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

loading...

Comments

comments!