Dipecat? Lakukan 8 Hal Cerdas Ini

redaksi.co.id - Dipecat? Lakukan 8 Hal Cerdas Ini Pemutusan hubungan kerja atau PHK adalah keputusan terberat yang harus diambil oleh perusahaan.Alasannya sangat beragam, bisa dari kondisi...

16 0

redaksi.co.id – Dipecat? Lakukan 8 Hal Cerdas Ini

Pemutusan hubungan kerja atau PHK adalah keputusan terberat yang harus diambil oleh perusahaan.Alasannya sangat beragam, bisa dari kondisi ekonomi hingga politik suatu negara, atau bahkan kondisi perusahaannya sendiri yang tidak sanggup menghadapi kompetisi lokal.

Sebelumnya, beberapa perusahaan multinasional telah memutuskan hengkang dari Indonesia. Sebut saja perusahaan otomotif Forddan beberapa perusahaan minyak yang harus mengambil keputusan tersebut akibat jebloknya harga minyak beberapa waktu lalu.

Terkena pemutusan hubungan kerja memang tidaklah mengenakkan. Namun bukan berarti bahwa perjalanan karier Anda berhenti di situ. Berikut delapan hal yang dapat Anda lakukan apabila terkena PHK seperti diungkap CEOkarir.com, DinoMartin:

1. Berdiskusi dengan pasangan

Segera diskusikan dengan pasangan Anda. Walau berita ini pahit untuk didengar, namun pasangan Anda berhak mendengarnya langsung dari Anda. In good and in bad, kan?

2. Membuat rencana finansial yang baru

Menata ulang segala pengeluaran bulanan Anda. Review dan analisa pengeluaran Anda. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu dan kurangi konsumsi yang tidak penting. Fokus kepada pengeluaran yang sifatnya krusial seperti uang sekolah anak. Nanti-nanti saja kalau mau beli Harley atau Porsche.

3. Mendapat hak yang jelas

Pastikan Anda mendapatkan hak Anda sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2003. Jangan menolak kalau diberi lebih.

4. Segera menentukan langkah

Putuskan langkah selanjutnya. Ini adalah saat yang tepat untuk menghubungi headhunter Karir.com memiliki divisi Headhunter atau Executive Search dengan nama brand Next Career. Cari tau dengan segera peluang yang ada di pasar saat ini; hal ini penting jika memang Anda memutuskan untuk kembali bekerja. Segera email ke [email protected]

5. Pikirkan baik-baik apabila ingin berbisnis

Jika Anda memutuskan untuk berbisnis, lihat kembali poin 2 dan pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk hidup selama setidaknya enam bulan ke depan. Mengapa enam bulan? Karena pada umumnya selama enam bulan ke depan, Anda tidak akan menerima pemasukan saat memutuskan berbisnis.

6. Ambil keputusan secepatnya

Keputusan untuk kembali bekerja atau mulai berbisnis harus segera diambil karena akan menentukan langkah Anda selanjutnya. Jangan terlalu lama menganggur. Otak juga jadi tumpul.

7. Menjaga kesehatan

Jaga kesehatan Anda, jangan dibawa stres. Jika Anda sampai sakit, Anda malah tidak bisa mencari pekerjaan karena harus beristirahat. Bukannya mencetak uang, saat sakit dompet juga akan terkuras.

8. Cari pekerjaan di situs online

Terakhir, daftarkan profil Anda di karir.com. Dengan mendaftar dan melengkapi resume, Anda akan menerima email secara berkala mengenai kesempatan yang ada sesuai dengan kompetensi dan pengalaman Anda. (Vna/Ndw)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!