Laju Rupiah Juga Masih Terhambat Sentimen The Fed

redaksi.co.id - Laju Rupiah Juga Masih Terhambat Sentimen The Fed Laju Indeks Dolar Amerika Serikat terus bergerak menguat di level 95,80 (vs 95,60) sehari sebelumnya. Keadaan...

24 0

redaksi.co.id – Laju Rupiah Juga Masih Terhambat Sentimen The Fed

Laju Indeks Dolar Amerika Serikat terus bergerak menguat di level 95,80 (vs 95,60) sehari sebelumnya. Keadaan tersebut membuat mayoritas mata uang dunia, seperti yuan, euro, yen, poundsterling, serta rupiah cenderung melanjutkan pelemahan pada perdagangan kemarin. Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan, masih menguatnya Indeks Dolar AS serta belum membaiknya pergerakan harga minyak dunia, membuat rupiah rawan akan sentiment negatif.

“Hal ini berdampak pada penekanan yang kemungkinan dapat terjadi pada rupiah,” ujar Reza, Rabu, 31 Agustus 2016. Pada perdagangan hari ini Reza memperkirakan laju rupiah akan berada dalam rentang support 13.267 serta resisten 13.243. Meski sempat bergerak volatile pada perdagangan kemarin, rupiah ditutup cenderung flat di area 13.250. Tetapi, pelemahan rupiah yang sempat menyentuh 13.280 kemarin patut diwaspadai.

Menurut Reza, pasca pidato Janet Yellen dalam simposium tahunan di Jackson Hole, Wyoming, yang cenderung hawkish untuk menaikan tingkat suku bunga Amerika Serikat, menyebabkan dolar AS kembali menguat terhadap mata uang domestik. “Keadaan tersebut masih membebani laju mata uang rupiah di pasar valas domestik,” katanya.

Reza menambahkan, posisi rupiah bisa terancam kembali berada di level Rp 13.300 per dolar AS akibat sentimen dari global itu. Diharapkan, sentimen dari dalam negeri mengenai amnesti pajak serta paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan menjaga fluktuasi mata uang rupiah agar tidak tertekan lebih dalam.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!