Bola Tangan Kini Mulai Banyak Diminati

redaksi.co.id - Bola Tangan Kini Mulai Banyak Diminati Olahraga hand ball alias bola tangan kini semakin banyak diminati masyarakat. Buktinya, olahraga yang memadukan kini sudah punya...

35 0

redaksi.co.id – Bola Tangan Kini Mulai Banyak Diminati

Olahraga hand ball alias bola tangan kini semakin banyak diminati masyarakat. Buktinya, olahraga yang memadukan kini sudah punya 350 atlet dan memiliki 35 klub.

Bola tangan juga akan dijadikan eksibisi di PON. Eksibishi akan digelar di Lapangan Futsal Progresif Jalan Soekarno Hatta no 785A, Bandung , Gede Bage pada 2-8 September mendatang. Enam provinsi akan menurunkan tim yang terdiri dari putra dan putri.

Sebetulnya olahraga bola tangan ini sudah ada sejak 1951, tetapi kembali digelar tahun 2008. Sudah ada 14 Pemprov termasuk Papua, dan ada dalam PON XIX Jawa Barat, terang Andrew, pemain dan coach dari Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) saat acara pembekalan pewarta olahraga dalam rangka fasilitasi management event olahraga di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON), Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (30/8).

Acara yang bekerja sama dengan pusat pemberdayaan pemuda dan olahraga nasional (PP PON) Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora dan KONI Pusat itu diikuti 75 pewarta olahraga.

Acara yang digagas Kemenpora itu juga menghadirkan para pengurus pusat cabor permainan yang masih baru. Di antaranya adalah pentanque, rugby, kriket serta kabadi.

Andrew menambahkan, pemahaman masyarakat tentang hand ball memang masih rendah. Padahal memainkan hand ball cukup mudah. Olahraga beregu itu mempertemukan dua tim dengan masing-masing tujuh pemain.

Tim sama-sama berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki.

Prestasi floor ball yang dalam eksibisi Sea Games 2015 lalu memperoleh medali perunggu, saat ini sudah ada 350 orang pemain dan 35 club, pungkasnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Amarta Imran tak menampik fakta itu.

Handball atau bola tangan adalah olahraga yang sangat aneh tapi sudah mulai dikagumi di kalangan masyarakat, hal ini yang membuat saya terus mengelorakan olahraga tangan ini, ujarnya.

Pemilik pabrik bola terkenal tersebut menambahkan, sembilan pengprov akan mengikuti eksibisi PON. Di antaranya ialah DKI Jakarta dan Papua. (jos/)

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!