'Teror 50 Tahun' Letusan Gunung Api Terbesar Islandia

redaksi.co.id - 'Teror 50 Tahun' Letusan Gunung Api Terbesar Islandia Kantor Meteorologi Islandia berjaga-jaga atas kemungkinan terjadinya letusandari gunung berapi terbesar di negara itu, Katla, setelah...

12 0

redaksi.co.id – 'Teror 50 Tahun' Letusan Gunung Api Terbesar Islandia

Kantor Meteorologi Islandia berjaga-jaga atas kemungkinan terjadinya letusandari gunung berapi terbesar di negara itu, Katla, setelah dua gempa mengguncang wilayah tersebut.

Gunungberapiyang memiliki tinggi 1.500 mdpl tersebut terakhir mengalami erupsi besar pada 1918. Menurut keterangan ilmuwan, Katla biasanya akan meletus setiap 50 tahun. Atau dengan kata lain periode letusan diperkirakan terjadi pada 2018.

Dua gempa berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang wilayah tersebut pada Senin 29 Agustus 2016 pagi waktu setempat.

Dikutip dari CNN, Rabu (31/8/2016), kantor meteorologi tersebut telah mengonfirmasi bahwa terjadi peningkatan seismik dalam beberapa minggu terakhir. Pihaknya terus mengawasi hal tersebut.

Walaupun ilmuwan memprediksi bahwa letusan tak akan terjadidalam waktu dekat, namun mereka tak dapat menghiraukannya.

“Kenaikan kegempaan merupakan hal yang umum terjadi di Katla, dan aktivitas yang sedang berlangsung di dalam kaldera mirip dengan apa yang terjadi pada musim panas 2012 dan 2014,” ujar kantor meteorologi Islandia.

“Pengamatan di sekitar Katla tak mendeteksi adanya tanda-tanda peningkatandeformasi tanah atau gempa tremor, yang keduanya dapat menjadi indikator pergerakan magma,” imbuhnya.

Gunung berapi di dekatnya, Eyjafjallajokull, mengalami erupsi pada 2010 dan menyemburkan abu vulkanik ke seluruh Eropa dan menyebabkan sejumlah penerbangan terganggu.

Islandiadikenal sebagai negara yang memiliki gunung berapi paling aktif. Sejauh ini, terdapat 130 gunung berapi di mana 30 di antaranya tergolong aktif.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!