3 Manfaat Kartu Kredit Untuk Dana Darurat

66

redaksi.co.id – 3 Manfaat Kartu Kredit Untuk Dana Darurat

Memiliki berbagai kesibukan dan juga aktivitas keuangan yang cukup tinggi, seringkali membuat kita begitu membutuhkan berbagai kemudahan dalam melakukan beragam transaksi keuangan. Waktu menjadi sangat penting, di mana setiap orang mengharapkan semua urusannya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Teknologi tentu bisa menjadi sebuah hal yang diandalkan untuk mendapatkan berbagai kemudahan tersebut, beragam fasilitas keuangan dapat diakses dengan mudah dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi saat ini.

Salah satu fasilitas perbankan yang banyak sekali digunakan saat ini adalah kartu kredit. Beragam alasan menjadi penyebab tingginya penggunaan uang plastik ini di tengah-tengah masyarakat. Namun di antara semua alasan tersebut, kemudahan dan juga kenyamanan bertransaksi adalah alasan yang paling banyak dikemukakan. Kartu kredit membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis, bukan hanya transaksi langsung saja, bahkan semua transaksi online juga bisa diakses dengan penggunaan kartu kredit. Penggunaannya sebagai alat pembayaran global yang diterima di seluruh dunia, menjadi salah satu nilai lebih yang membuat para pebisnis dan mereka yang suka bepergian menjadi lebih mudah saat melakukan transaksi keuangan. Kartu kredit diterima di mana-mana, dan itu membuatnya begitu dibutuhkan oleh banyak orang.

Namun meskipun demikian, pada kenyataannya tidak semua orang dapat memanfaatkan kartu kredit dengan maksimal. Ada banyak orang yang menggunakan kartu kredit secara tidak tepat, sehingga bukan kemudahan yang akan didapatkan ketika memilikinya, namun bisa saja berakhir dengan sejumlah masalah di dalam keuangan. Penggunaan kartu kredit yang tidak tepat, bisa saja terjadi akibat ketidakpahaman atas manfaatnya atau akibat kegagalan seseorang dalam mengelola keuangannya secara keseluruhan.

Jika digunakan secara tepat, maka sebenarnya kartu kredit akan memberikan banyak manfaat dan juga kemudahan di dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Bukan hanya sebagai sebuah fasilitas saja, namun kartu kredit bahkan bisa memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Berbagai fitur di dalam kartu kredit tentu saja akan sangat bermanfaat jika digunakan secara tepat.

Berbeda dengan fasilitas kredit lainnya yang dikeluarkan oleh pihak perbankan, penggunaan kartu kredit tentu bisa dilakukan sewaktu-waktu, bahkan hanya ketika kita benar-benar membutuhkannya saja. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan kartu kredit sebagai dana darurat ketika keuangan mereka mengalami kesulitan. Penggunaan kartu kredit sebagai dana darurat merupakan hal yang sah-sah saja untuk dilakukan, selama tindakan ini dibarengi dengan perhitungan dan juga pertimbangan yang matang. Artinya, penggunaan sejumlah dana tersebut juga telah diikuti dengan rencana pembayaran di hari yang akan datang.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika sebagai dana darurat, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

Suku Bunga Rendah viacache-blog.credit.com

Ketika membutuhkan sejumlah dana darurat, kita tentu akan sangat memperhitungkan sumber dana dan juga sejumlah bunga yang akan timbul dari dana tersebut. Ini patut untuk selalu dipertimbangkan, sebab sejumlah bunga yang besar tentu akan sangat membebani dan menambah jumlah hutang tersebut secara signifikan.

Penggunaan kartu kredit akan sangat membantu, terutama jika ternyata sejumlah dana tersebut hanya akan dipakai dalam waktu yang singkat saja. Artinya, kita tidak perlu repot-repot untuk mengajukan sejumlah pinjaman ke bank ataupun ke lembaga keuangan lainnya yang akan menyita banyak waktu dan juga tenaga kita. Saat ini ada banyak bank yang memberikan bunga kartu kredit yang cukup rendah, bahkan beberapa di antaranya hanya berkisar di bawah 3% saja. Ini tentu akan sangat membantu dan patut kita jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika kita membutuhkan sejumlah dana darurat.

Manfaatkan Fasilitas Cicilan via

Dana darurat tentu saja bukan hanya dalam bentuk dana tunai saja, namun bisa saja kita membutuhkan sejumlah dana darurat untuk berbagai kepentingan lainnya, salah satunya sebagai biaya pengobatan di rumah sakit. Sejumlah biaya pengobatan ini bisa saja dalam angka yang cukup besar, sehingga kita mengalami kesulitan ketika akan membayarnya dalam satu bulan tagihan saja. Membiarkannya tanpa dilunasi sekaligus, tentu akan membuat kita terkena sejumlah bunga.

Berbagai tagihan darurat seperti ini bisa kita atasi dengan menggunakan fasilitas cicilan tetap yang terdapat di dalam kartu kredit, di mana sejumlah tagihan tersebut bisa kita cicil selama kurun waktu tertentu dengan bunga 0%. Saat ini hampir semua bank penerbit kartu kredit menyematkan fasilitas cicilan tetap ini di dalam kartu kredit yang mereka terbitkan. Beberapa bank memberikan masa cicilan 0% selama 3 bulan pertama, jika memilih masa cicilan yang lebih panjang kita akan dikenakan bunga ringan sebesar 0,99% saja. Namun, ada beberapa bank bahkan memberikan masa cicilan 0% selama 6 bulan pertama.

Penggunaan fasilitas cicilan tetap akan sangat membantu kita untuk mengatasi kesulitan keuangan ketika masa darurat. Hal ini tentu harus dilakukan dengan sejumlah perhitungan dan juga pertimbangan yang tepat, jangan sampai kita mengalami kesulitan dalam membayar sejumlah cicilan tetap tersebut di masa yang akan datang.

Tarik Tunai viacloudinary.com

Kartu kredit memang diperuntukkan sebagai fasilitas belanja. Namun bukan berarti uang plastik ini tidak bisa kita andalkan sebagai sumber dana tunai di saat keadaan keuangan sedang darurat. Kartu kredit memiliki fasilitas Cash Advance, di mana kita dimungkinkan untuk melakukan penarikan sejumlah dana tunai dari kartu tersebut melalui mesin ATM.

Penarikan tunai melalui kartu kredit akan dibarengi dengan sejumlah biaya, yakni sebesar Rp50.000 atau 3-4% dari jumlah penarikan dana yang kita lakukan, tergantung mana yang jumlahnya lebih besar. Sejumlah biaya ini tentu patut kita pertimbangkan saat akan melakukan penarikan tunai dari kartu kredit yang kita miliki.

Penggunaan kartu kredit sebagai sumber dana darurat tentu bisa membantu kita dalam mengatasi masalah kesulitan keuangan. Namun hal ini harus tetap dilakukan dengan pertimbangan serta perhitungan mengenai manfaat dan juga keuntungan yang kita dapatkan. Selalu gunakan kartu kredit dengan tepat, terutama dalam pengadaan sejumlah dana darurat, sehingga kita bisa mendapatkan sejumlah manfaat dan juga kemudahan pada masa-masa keuangan yang sulit tersebut.

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!