Medali Olimpiade Tokyo Dibuat dari Sampah Elektronik

redaksi.co.id - Medali Olimpiade Tokyo Dibuat dari Sampah Elektronik Meskipun masih berjarak cukup jauh penyelenggaraan Olimpiade Tokyo, namun kabar menarik sudah banyak bermunculan membahasnya. Salah satu...

16 0

redaksi.co.id – Medali Olimpiade Tokyo Dibuat dari Sampah Elektronik

Meskipun masih berjarak cukup jauh penyelenggaraan Olimpiade Tokyo, namun kabar menarik sudah banyak bermunculan membahasnya.

Salah satu yang tengah hangat diperbincangkan adalah rencana penggunaan material sampah elektronik untuk pembuatan seluruh medali olimpade yang akan diselenggarakan pada 2020 mendatang tersebut.

Seperti dikutip dari portal berita bisnis Nikken Asian Review, proposal pengajuan rencana pengolahan sampah elektronik menjadi bahan medali emas, perak, dan perunggu sudah mulai diperbincangkan oleh panitia Olimpiade Tokyo dan pemerintah serta pelaku industri setempat.

Diorganisir oleh lembaga non profit Genki Net for Creating a Sustainable Society, rencana terkiat dimaksudkan sebagai pengenalan publik bahwa daur ulang metal bukanlah hal yang tidak mungkin.

Disebutkan bahwa Jepang menghasilkan 143 kilogram emas, 1.566 kilogram perak, dan 1.112 ton perunggu dari seluruh sampah elektronik yang dihasilkan di sepanjang 2014 lalu.

Bandingkan dengan penggunaan 9,6 kilogram emas, 1.210 kilogram perak, dan 700 kilogram perak pada Olimpiade London 2012 lalu, tentu hal tersebut merupakan peluang yang baik secara ekonomi dan lingkungan.

Penggunaan material daur ulang untuk pembuatan medali sebenarnya telah dimulai pada Olimpiade Rio, di mana sebanyak 30 persen komponen bahan bakunya berasal dari sampah perak. Selain itu, pita yang digunakan sebagai kalung medali terbuat dari bahan dasar daur ulang botol plastik bekas.

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!