6 Fakta Seru Seputar Film Free State of Jones

redaksi.co.id - 6 Fakta Seru Seputar Film Free State of Jones Free State of Jones, film biografi yang kental dengan sejarah Amerika Serikat, telah dirilis di...

80 0

redaksi.co.id – 6 Fakta Seru Seputar Film Free State of Jones

Free State of Jones, film biografi yang kental dengan sejarah Amerika Serikat, telah dirilis di Indonesia melalui bioskopCGVBlitz,Cinemaxx, dan Platinum Cineplex. Salah satu hal yang membuat menarik adalah kehadiran pemenang Oscar Matthew McConaughey sebagai tokoh utamanya, Newton Knight.

Kalau ditelusuri kembali, terdapat beberapa fakta seputar Matthew McConaughey selama pembuatan FreeStateof Jones yang layak untuk diketahui. Tak sampai di situ saja. Beberapa fakta seputar pemain lain beserta pembuatan film bertema perang sipil ini juga tak kalah serunya.

Tema Free State of Jones sendiri tak hanya mengangkat dunia politik yang terjadi selama perang saudara di Amerika Serikat pada tahun 1800-an. Film ini juga mengekspos pilunya rasisme serta perbudakan terhadap kulit hitam di masa itu.Beberapa fakta di lokasi syuting Free State of Jones memberi gambaran betapa kompleksnya film ini.

Demi menghidupkan suasana mencekam di era tersebut, sutradara Gary Ross rela membuat keputusan yang dirasa sulit dilakukan oleh kebanyakan sutradara lain.

Di luar skor film yang tidak terlalu tinggi karena beberapa aspek teknis, Free State of Jonesmampu memberikan sajian berkualitas dalam penggambaran sejarah Amerika Serikat di abad ke-19, terutama di wilayah Mississippi.

Maka, ada baiknya kalau kita menelusuri fakta-fakta apa saja yang terjadi selama pembuatan film Free State of Jones. Untuk itu, mari kita ikuti selengkapnya di halaman berikut ini.

Matthew McConaughey dalam ajang Golden Globes 2015 sempat ditanya mengenai janggutnya yang tumbuh lebat. Ia ketika itu mengatakan bahwa janggutnya itu ditumbuhkan demi persiapan sebuah film. “Ini untuk sebuah proyek yang akan datang,” katanya. Ternyata, film yang dimaksud adalah Free State of Jones.

Selain itu, Free State of Jones juga menandai penampilan kedua Matthew McConaughey dan Jacob Lofland di layar lebar setelah film drama bertajuk Mud yang dirlis pada 2012.

Dalam Free State of Jones, ketika adegan bergulir di tenda medis, kita bisa melihat lantai yang berlumuran darah. Di situ, campuran darah palsu ditambahkan dengan banyak air agar bisa menutupi wilayah yang lebih luas, sekaligus terlihat lebih licin. Namun konsekuensinya, adegan tersebut harus diambil lebih cepat, karena campuran yang diencerkan tersebut membuatnya lebih cepat diserap oleh lantai kayu.

Adegan tersebut dipasang berdekatan dengan rangkaian peperangan yang pembuatannya berlokasi di Covington, Louisiana.

Sementara itu, pada kendaraan milik sheriff daerah setempat, terpampang tulisan “Free State of Jones” yang bisa dilihat di pintu depan.

Satu fakta yang sangat unik dan menarik dalam Free State of Jones adalah jumlah calon pemain figuran. Sebanyak 7 ribu orang menyerahkan pasfoto sekaligus riwayat hidup sebagai surat lamaran sebagai pemain figuran dalam film ini.

Selain itu, terdapat juga fakta menarik dari aktor veteran Gary Grubbs (JFK, Will and Grace) yang berperan sebagai jaksa. Ia tinggal di Hattiesburg, Mississippi dan hanya butuh beberapa menit untuk mengemudi ke Jones County yang menjadi lokasi film ini.

Dalam sebuah wawancara, salah satu produser menyatakan bahwa sebelum film dirilis, ia sempat memilih “Free State of Randy” sebagai judulnya. Namun pada akhirnya, ia memutuskan untuk memakai “Free State of Jones” agar mudah diingat.

Sebelum Free State of Jones dirilis, sebuah dokumen ditemukan di Arsip Nasional pada tahun 2016. Isinya merupakan permintaan oleh rombongan Newton Knight untuk bergabung dengan Tentara Union di tahun 1864. Hal tersebut memberikan kebenaran terhadap klaim Knight yang sempat dipertanyakan.

Dari sekian banyak pemain tambahan dalam Free State of Jones, terdapat seorang pria bernama Christopher David McKnight. Ia ternyata adalah keturunan asli Newton Knight.Newton Knight adalah kakek buyut ketiga Chris. Setelah mendengar kabar mengenai film tersebut, Chris datang pada awal produksi. Ia lalu mengajukan namanya agar dipertimbangkan sebagai pemain tambahan dalam film ini.

Selain Chris, terdapat juga nama Eunice Smith. Ia juga merupakan keturunan asli Newton Knight. Smith lalu diterima sebagai pemain tambahan di dalam film ini.

Sementara itu, dalam jajaran pemain pendukung, nama Kensley Keys adalah satu-satunya keturunan Afrika-Amerika di lokasi film. Ia merupakan penduduk asli Jones County, Soso, Mississippi. Menariknya, ia juga salah satu keturunan Newton Knight. Urusan peran, Keys mendapat nama karakternya sendiri, yaitu sebagai Maroon.

Pada hari pertama di lokasi, Kensley menyampaikan bahwa pada saat ia sedang makan siang, Matthew McConaughey duduk di depannya. Kensley lalu bercerita pada McConaughey bahwa film ini begitu istimewa baginya, karena bertutur tentang keluarga dan kampung halamannya.

Victoria Bynum, penulis buku The Free State of Jones: Mississippi’s Longest Civil War tampil sebagai aktris cameo di dalam film ini sebagai perawat sebuah rumah sakit. Sosoknya bisa dilihat dalam adegan tenda medis, saat sedang duduk di samping seorang prajurit yang sedang mengalami luka di bahu. Victoria tampak membaca kitab suci saat seorang tentara diamputasi.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!