Uskup Gay di Gereja Inggris

redaksi.co.id - Uskup Gay di Gereja Inggris GRATHAM -- Orientasi seksual sesama jenis tidak menghalangi Gereja Grantham mengangkat Nicholas Chamberlain sebagai seorang uskup. Dilansir Independent, Jumat...

22 0

redaksi.co.id – Uskup Gay di Gereja Inggris

GRATHAM — Orientasi seksual sesama jenis tidak menghalangi Gereja Grantham mengangkat Nicholas Chamberlain sebagai seorang uskup. Dilansir Independent, Jumat (2/8), uskup Chamberlain mengakui bahwa ia gay dan sedang menjalani hubungan jangka panjang dengan pasangannya.

Meski demikian, ia mengatakan hal itu bukan sesuatu yang lebih penting dari yang lain. “Orang-orang tahu saya gay, tapi itu bukan hal pertama yang akan saya katakan pada orang lain,” kata uskup Chamberlain.

Ia mengatakan seksualitas adalah bagian dari dirinya. Namun saat ini, fokus utamanya adalah gereja. Menurut Chamberlain, gereja mengetahui identitas seksualnya saat melakukan konsekrasi atau pengangkatan untuk mengabdi di gereja.

Uskup Agung Canterbury dan kepala gereja, Justin Welby mengeluarkan pernyataan yang mendukung Chamberlain. “Saya sangat mengetahui hubungan jangka panjang uskup Nick. Penempatannya sebagai uskup di Grantham berdasar pada kemampuan dan panggilan pengabdiannya di gereja,” kata Uskup Agung Welby.

Menurutnya, Chamberlain juga mengikuti aturan uskup. Seksualitasnya tidak ada hubungan dengan perannya di gereja. Chamberlain ditunjuk pada posisinya oleh uskup Lincoln, Christopher Lowson.

Uskup Lowson juga mengeluarkan dukungannya. “Bagi saya, fakta uskup Nicholas adalah gay tidak pernah jadi faktor utama,” katanya. Juru bicara Inggris juga mengatakan uskup Chamberlain selalu jujur dalam menjelaskan soal dirinya.

“Nicholas tidak menipu siapa pun dan selalu terbuka juga jujur jika ditanya. Hal itu bukan rahasia meskipun bersifat privasi,” katanya. Menurut gereja, meski uskup Chamberlain menjalin hubungan tapi ia tetap tidak akan menikah seperti aturan dalam gereja.

Meski bersifat terbuka, tetap ada perbedaan pendapat di Gereja Inggris tentang penempatan pengurus gereja gay. Sejumlah pemimpin mulai melakukan pendekatan lebih toleran dalam beberapa tahun terakhir. Namun keuskupan lama masih menilai berdasarkan pandangan Injil soal homoseksualitas.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!