Seperti Indonesia, Saudi Tetapkan Idul Adha Senin 12 September

redaksi.co.id - Seperti Indonesia, Saudi Tetapkan Idul Adha Senin 12 September Liputan6.com, Jeddah - Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada Sabtu 3...

18 0

redaksi.co.id – Seperti Indonesia, Saudi Tetapkan Idul Adha Senin 12 September

Liputan6.com, Jeddah – Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada Sabtu 3 September 2016. Dengan demikian, Idul Adha akan berlangsung pada Senin 12 September 2016.

Mahkamah Agung Arab Saudi, seperti dilansir aljazeera.com, Jumat 2 September 2016, telah meminta semua umat Islam di seluruh daerah, di antaranya Sadir dan Tamir, untuk melihat hilal pada Kamis malam, 29 Zulhijah.

Baca Juga

Namun hilal tersebut tidak terlihat. Akhirnya bilangan tanggal bulan Zulqadah pun kemudian digenapkan menjadi 30 hari.

Dengan begitu, rukun ibadah haji yakni wukuf di Padang Arafah akan berlangsung pada Minggu 9 Dzulhijjah 1437 atau 11 September 2016, yang kemudian disusul Hari Raya Idul Adha.

Perayaan Idul Adha pada Senin 12 September 2016 tersebut sama dengan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dalam sidang isbat di Jakarta, Kamis 1 September 2016.

“Kami baru saja menyelesaikan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah. Saat sidang isbat tadi kami sepakat menetapkan Idul Adha bertepatan pada Senin, 12 September 2016,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Lukman mengatakan, berdasarkan pemaparan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, diketahui posisi bulan sudah berada di bawah matahari.

Perhitungan hisab tersebut kemudian dikonfirmasikan dengan metode rukyat. Dari sejumlah petugas yang melakukan pemantauan di sejumlah titik, dilaporkan tidak ada satu pun yang melihat hilal.

Artinya, awal bulan Zulhijah baru jatuh pada Sabtu, 3 September 2016. Sidang isbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!