Raja Thailand Mulai Pulih dari Sakit Paru-Paru

redaksi.co.id - Raja Thailand Mulai Pulih dari Sakit Paru-Paru BANGKOK -- Kondisi Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mulai membaik setelah melakukan perawatan pada paru-parunya.Pihak istana mengatakan, sang...

11 0

redaksi.co.id – Raja Thailand Mulai Pulih dari Sakit Paru-Paru

BANGKOK — Kondisi Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mulai membaik setelah melakukan perawatan pada paru-parunya.

Pihak istana mengatakan, sang raja tidak memiliki demam dan masalah pernafasan. Bahkan disebutnya tekanan darahnya pun mulai berangsur-angsur membaik setelah melakukan terapi pengganti ginjal. Satu hari sebelumnya, saat melakukan tes darah terdapat air di dalam paru-parunya dan fungsi ginjalnya pun sudah berkurang.

Raja terlama yang memerintah di dunia itu melakukan terapi blood-filtering, ketika ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Meski demikian saat ini kondisinya jauh lebih baik dari sebelumnya. Karena sepanjang bulan lalu, dia mengalami pernafasan yang cepat serta dahak yang lengket. Hasilnya pemeriksaannya dia juga mengalami infeksi parah dalam darahnya.

Raja yang saat ini berusia 88 tahun, itu sangat dihormati dan kondisi kesehatannya menarik perhatian publik. Selama satu tahun sang raja dirawat karena berbagai penyakit di Rumah Sakit Siriraj di Bangkok. Dia terakhir terlihat di depan umum pada 11 Januari ketika dia menghabiskan beberapa jam mengunjungi istananya di ibu kota Thailand. Setelah itu hampir satu tahun tidak terlihat atau berbicara di publik.

Bhumibol menghabiskan sebagian besar dari dua tahun terakhir di rumah sakit di Bangkok karena beberapa penyakit. Tidak menentunya kondisi kesehatan raja dan suksesi tahta kerajaan telah menjadi latar belakang gejolak politik selama satu dekade terakhir, termasuk dua kudeta dan protes jalanan penuh kekerasan.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!