Bukan Marquez, Rossi Waspadai Vinales dan Iannone

77

redaksi.co.id – Bukan Marquez, Rossi Waspadai Vinales dan Iannone

Dua sesi pertama latihan bebas MotoGP Inggris 2016 di Sirkuit Silverstone menjadi ajang unjuk gigi bagi Maverick Vinales dan Andrea Iannone. Berbeda dengan Valentino Rossi, yang justru belum mendapatkan hasil bagus pada latihan bebas pertama dan kedua.

Pada latihan bebas pertama, Jumat (3/9/2016), Rossi tertinggal jauh dari Vinales, rider Suzuki. Pembalap Movistar Yamaha itu duduk di urutan keempat dan terpaut 1,108 detik dari Vinales. Pada latihan bebas kedua, Rossi mampu memangkas jarak waktu dengan para pembalap di depan.

Sayang, para pembalap lain juga mampu mempertajam catatan waktunya. Kali ini, Rossi duduk di posisi keenam dengan waktu 2 menit 02,240 detik. Namun, ia masih tertinggal 0,841 detik dari Iannone, pembalap Ducati.

Itu mengapa Rossi lebih memilih mewaspadai keduanya ketimbang Jorge Lorenzo atau Marc Marquez. Menurut Rossi, Iannone dan Vinales jauh lebih cepat dengan strategi ban apa pun yang digunakannya.

“Saya setara dengan Lorenzo dan Marquez. Namun, Vinales dan Iannone lebih kuat dari kami. Dengan bak keras, mereka membuat lap yang sangat cepat. Begitu juga dengan ban lembut di mana mereka memiliki perbedaan besar,” tutur Rossi, sebagaimana dilansir Crash.

Dalam dua seri terakhir, hasil balapan MotoGP jauh di luar dugaan banyak pihak. Pada MotoGP Austria 2016, podium juara direbut Iannone. Sedangkan Rossi sendiri hanya mampu finis di urutan keempat dengan selisih 3,815 detik.

Begitu pula pada MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno. Podium juara direngkuh pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, pada balapan yang sempat diguyur hujan deras itu. Untungnya, Rossi sukses mengamankan podium kedua meski tertinggal 7,298 detik.

“Saya pikir mereka (Vinales dan Iannone) memiliki momen besar. Apalagi jika Anda membandingkan dengan masing-masing rekan setimnya, mereka juga punya perbedaan mereka besar. Maksudnya, saat ini mereka membalap dengan baik,” kata Rossi.

Meski begitu, The Doctor juga tak melupakan ancaman yang bisa diberikan Lorenzo. “Kami tak berbeda jauh di beberapa titik. Seperti biasa, Lorenzo selalu sangat kuat. Jadi, kita perlu mengimprovisasi keseimbangan dan kecepatan.”

(red/ega/wi/riesta/VDA)

loading...

Comments

comments!