Fenomena Eyang Subur dan Muridnya

redaksi.co.id - Fenomena Eyang Subur dan Muridnya Fenomena artis dan guru spiritual tak hanya milik Gatot Brajamusti bersama Reza Artamevia dan Elma Theana. Tiga tahun silam,...

99 0

redaksi.co.id – Fenomena Eyang Subur dan Muridnya

Fenomena artis dan guru spiritual tak hanya milik Gatot Brajamusti bersama Reza Artamevia dan Elma Theana. Tiga tahun silam, masyarakat sempat dihebohkan dengan kemunculan pria bernama Eyang Subur.

Nama Eyang Subur sukses membuat masyarakat terperanjat karena pengakuan mantan murid dan pengikutnya sebagai penganut aliran sesat. Yang menarik, pengikut Eyang Subur rupanya berasal dari kalangan artis dan selebritas.

Adi Bing Slamet, Nurbuat, Rohana, Unang, Tessy, dan Memed ‘Srimulat’ disebut-sebut sebagai selebritas yang kerap menggunakan jasa pria kelahiran Jombang, 12 Desember 1946 untuk sekedar berkonsultasi dan melancarkan karier di panggung hiburan.

Meski dekat dengan Eyang Subur, para selebritas yang mayoritas pelawak itu menolak dikatakan sebagai murid atau pengikut lelaki yang dituding sebagai penganut aliran sesat. Alasannya, mereka menganggap Eyang Subur hanya sebatas teman atau orang yang dihormati.

Namun, ada pula artis yang merupakan mantan murid dan pengikut Eyang Subur yang menyerangnya habis-habisan karena mengetahui adanya kejanggalan dalam praktik spritual yang diajarkan oleh Eyang Subur. Seperti apa?

Adi Bing Slamet merupakan salah satu murid dan pengikut Eyang Subur yang berbalik menyerang sang guru spiritual. Ia geram dengan tingkah laku Eyang Subur yang disebutnya melakukan penistaan agama. Adi juga mengklaim seterunya itu terbukti melecehkan lembaga Islam.

“Masa MUI dibilang Majelis Ulama Adi Bing Slamet, ini kan penghinaan, harus dilaporkan. Yang seperti itu kan penghinaan terhadap lembaga Islam,” kata Adi usai melapor di SPK Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2013).

Dalam kesempatan itu, Adi BingSlamet juga mencibir statemen yang pernah dilayangkan kuasa hukum Eyang Subur, Ramdhan Alamsyah terkait fatwa MUI. “Ada tuh pengacaranya si Subur bilang nggak berlaku lagi hukum MUI, itu kan parah banget,” kata Adi kesal.

Ia pun mendukung pihak-pihak yang ingin melaporkan Eyang Subur terkait tindakan melakukan penistaan agama. “Intinya kami mendukung bilamana ada yang melaporkan si Subur dengan masalah penistaan agamanya, dengan keluarnya fatwa MUI sudah jelas,” pungkasnya.

Selain Adi Bing Slamet, Eyang Subur juga memiliki murid dan pengikut bernama Arya Wiguna. Berbeda dari Adi Bing Slamet yang hanya menuding guru spiritualnya itu melakukan penistaan agama, masalah Arya Wiguna justru lebih pelik.

Arya Wiguna mengaku kehidupannya tak jelas semenjak mengenal Eyang Subur. Bahkan, Arya Wiguna mengklaim dirinya tak sehat secara jasmani karena mengikuti ajaran Eyang Subur yang dinilainya mengganggu psikis dan pola berpikir.

Tak hanya itu, Eyang Subur juga disebut Arya Wiguna telah menikahi keponakannya yang bernama Ani. Arya Wiguna mencak-mencak saat mengetahui Ani dijadikan istri keenam Eyang Subur.

Arya Wiguna sering berkoar-koar soal kejelekan dan sikap negatif yang diperlihatkan mantan guru spiritualnya, Eyang Subur. Rupanya, Arya melakukan hal tersebut karena merasa sudah mendapat hidayah dan terbebas dari ajaran negatif Eyang Subur.

“Dulu mana berani saya jelek-jelekin si Subur. Kalau sekarang kan sudah bebas, sudah dapat hidayah,” tutur Arya kepada wartawan.

Konflik Eyang Subur dan para pengikutnya akan selalu dikenang oleh masyarakat. Bagaimana tidak, sejak Adi Bing Slamet dan Arya Wiguna menyatakan diri memerangi Eyang Subur, seluruh program infotainment di berbagai televisi menyiarkan berita tersebut.

Yang paling diingat oleh masyarakat, tentunya jargon ‘Demi Tuhan’ yang dilayangkan oleh Arya Wiguna dalam sebuah jumpa pers bersama Adi Bing Slamet. Kala itu, Arya Wiguna menumpahkan amarahnya dengan membeberkan penyimpangan yang dilakukan guru spiritualnya.

Subuuur

Liat muka saya

Saya tidak takut

Saya tau di belakang kamu siapa

Subuuuur

Ini gaya kamu kaan?

Kamu punya senjata ini

Sekarang saya pake buat melawan kamu semua

Buktikan kawan2

Ini senjata kamu kaan?

Begituuu

Demi Tuhaaan 4x

Subur

Waktumu sudah habis 2x

Hartamu akan habiis

Subur 2x

Subuuur

Demi Tuhaaaan 4 x

Itu kan kamu Eyang Subur

Dan semua yg membela Eyang Subur akan habis sehabis-habisnya habisnya

Demi Tuhaaaan

Subuuuur

Demi Tuhaaaaan

Selain berseteru dengan murid dan pengikutnya, Eyang Subur juga menjadi fenomena karena kegemarannya menikah. Eyang Subur pernah dikabarkan menikah dengan 25 perempuan dan hingga 2013, ia memiliki 8 istri yang setia menemaninya.

Karena itu, Adi Bing Slamet dan mantan pengikut Eyang Subur memutuskan untuk melaporkan mantan guru spiritualnya ke Komnas Perempuan. Eyang Subur dianggap melecehkan perempuan karena disebut telah menikah puluhan kali.

Ketua Lembaga Pengkajian dan Penelitian Islam (LPPI) M Amin Djamaludinbahkan sempat meminta kepolisian untuk memeriksa kelengkapan surat-surat pernikahan yang pernah dilakukan Eyang Subur bersama dengan 7 istrinya.

“Saya minta polisi supaya diusut surat nikahnya. Kalau amanah dan sesuai dengan fatwa MUI tidak apa-apa, artinya tidak ada pelanggaran,” ujar Amin ditemani Adi Bing Slamet Cs usai melapor di SPK Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2013).

Dia juga menyampaikan ketentuan MUI yang memberi fatwa haram tentang pernikahan Eyang Subur dengan ketujuh istrinya. “Ketentuan hukum beristri lebih dari empat dalam waktu bersamaan hukumnya haram. Apalagi tidak dilakukan dengan hukum pernikahan yang sah, baik secara agama dan hukum negara,” paparnya.

Sejauh ini, dikatakan Amin, ia meragukan keabsahan surat-surat pernikahan Eyang Subur dengan ketujuh istrinya. Apalagi, ia merasa keberatan dengan keputusan Eyang Subur yang masih tinggal bersama dengan tiga orang istri yang diceraikannya.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!