Tips Kelola Gaji Bulanan

79

redaksi.co.id – Tips Kelola Gaji Bulanan

Awal bulan tentu adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap pekerja di seluruh dunia. Waktu ini biasanya setiap pekerja akan menerimagaji bulanan mereka dan tentu saja beberapa dari mereka akan menggunakannya untuk keperluan dan kebutuhan bulanan mereka.

Namun, biasanya muncul sebuah permasalahan ketika Anda tidak bisa mengontrol gaji bulanan Anda tersebut. Hasilnya Anda akan mendapatkan masalah keuangan di minggu terakhir setiap bulannya.

Hal ini menjadi sangat krusial karena Anda seharusnya bisa mengontrol gaji bulanan Anda untuk bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan selama sebulan penuh.

Karena itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol keuangan

1. Membuat anggaran pengeluaran

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran setiap bulan. Hal ini menjadi sangat penting karena tujuannya agar kehidupan Anda selama sebulan penuh bisa terpenuhi tanpa mengalami permasalahan di akhir bulan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menuliskan beberapa barang dan juga kebutuhan Anda yang bersifat bulanan, dan juga jangan lupa tulis beserta harganya.

Setelah itu, Anda menulis anggaran baru dengan anggaran tersebut berisi pengeluaran Anda yang bersifat mingguan dan juga haria.

Biasanya hal ini berkenaan dengan biasa hidup seperti bahan makanan dan masakan, alat-alat mandi, dan juga uang untuk kebutuhan anak setiap harinya. Anda pun harus bisa memisahkan uang tersebut dari jumlah gaji yang Anda miliki setiap bulannya.

2. Buatlah sebuah tujuan

Sebuah tujuan di sini biasanya berisi sebuah rencana untuk membeli sesuatu yang penting, dengan harga yang cukup tinggi.

Sebagai contoh, Anda memiliki tujuan untuk membeli rumah dengan harga yang cukup tinggi. Pembelian rumah ini tentu akan sangat penting bagi Anda dan juga keluarga Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa termotivasi untuk mengontrol keuangan Anda dan menyisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabungkan. Tabungan ini yang menjadi sebuah motivasi tersendiri dalam menekan pengeluaran Anda dalam setiap bulannya.

Tentu saja Anda tidak akan memaksakan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan, karena Anda sudah memiliki tujuan, yaitu membeli rumah di kemudian hari.

3. Kuatkan niat dan jangan tergoda oleh diskon atau promo

Permasalahan ini biasanya ditemui oleh para Ibu-ibu muda. Seperti yang kita ketahui, wanita akan sangat lemah terhadap adanya diskon, promo dan juga potongan harga.

Tentu saja cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membulatkan tekad agar tidak mudah tergoda oleh hal-hal seperti itu. Hal ini bertujuan untuk menekan jumlah pengeluaran dari uang yang Anda miliki setiap bulannya.

Sisi baiknya, Anda bisa menyisihkan uang Anda dan menabungkannya untuk keperluan Anda lainnya yang jauh lebih penting di kemudian hari.

4. Mencari penghasilan tambahan

Apabila Anda adalah orang yang benar-benar susah diatur dan memiliki masalah yang serius dengan pengaturan keuangan keluarga. Cara lainnya adalah dengan memperbesar penghasilan Anda.

Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan bulanan keluarga Anda, kebutuhan pribadi, dan juga masih bisa menyisihkan uang untuk ditabung demi masa depan keluarga dan anak-anak Anda.

Apabila Anda seorang pekerja kantoran, bisnis secara online adalah salah satu solusi yang tepat untuk Anda. Anda bisa mencoba untuk membuka online shop yang menjual barang-barang reseller.

Penjualan reseller atau dropship ini adalah cara mudah bagi Anda yang ingin membuka usaha online. Anda tidak memerlukan modal yang cukup besar, melainkan cara marketing baik dan tepat. Cara lainnya adalah menjadi seorang penulis online.

Di era yang sudah modern ini, semua perusahaan tentu memiliki sebuah situs yang setiap orang bisa mengaksesnya melalui mesin pencarian online.

Dengan begitu pula, setiap situs akan memerlukan seorang penulis untuk mengisi situs mereka, sekaligus menaikkan ranking mereka agar masuk ke halaman utama mesin pencarian online. (Ahm/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!