Amankah Mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa?

redaksi.co.id - Amankah Mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa? Kejadian ini pasti pernah anda alami, ketika anda mendapati daging beku yang tersimpan berhari-hari di dalam lemari es anda, anda...

23 0

redaksi.co.id – Amankah Mengkonsumsi Makanan Kadaluarsa?

Kejadian ini pasti pernah anda alami, ketika anda mendapati daging beku yang tersimpan berhari-hari di dalam lemari es anda, anda akan bertanya-tanya,”Masihkah daging ini aman untuk dimakan?”

Di satu sisi kemasan pembungkus daging itu masih tersegel. Namun tanggal “terbaik” daging itu untuk dikonsumsi telah lewat beberapa minggu lalu. Tanggal kadaluarsa pada suatu produk makanan terkadang dapat membingungkan.

Seringkali konsumen keliru membedakan istilah “dijual pada tanggal” dan “baik digunakan hingga tanggal”, untuk mengetahui apakah makanan itu aman untuk dimakan.

Kalangan ahli mengatakan, label tersebut sebenarnya tidak ada hubungannya dengan risiko keracunan makanan. Biasanya, produsen makanan membuat label tanggal kadaluarsa didasarkan pada alasan sampai kapan produk tersebut masih bisa dikatakan segar dan memiliki aroma khas.

“Banyak pelabelan yang jelas-jelas memberitahu anda untuk menggunakan hingga tanggal tertentu. Hal itu karena anda akan merasakan yang kualitas terbaik. Tapi sebenarnrya itu benar-benar aman untuk diggunakan secara substansial di luar tanggal tersebut,” ujar ahli ritel Tom Gillpatrick dari Portland State University seperti dikutip dari wfmynews2.com.

Pada 2013 lalu Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam Amerika Serikat dan Departemen Hukum Makanan dan Kebijakan Klinik Sekolah Hukum Harvard menemukan banyak orang Amerika membuang makanan mereka karena kebingungan tentang tanggal kadaluwarsa.

“Di Amerika, kami membuang sekitar 40 persen dari semua makanan yang diproduksi,” Gillpatrick.

Selain itu, badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat tidak mengatur tanggal kadaluwarsa, kecuali pada susu formula bayi. Namun baru-baru ini Undang-Undang Federal diusulkan untuk membuat standar pangan untuk memberikan sinyal ketika makanan yang akan dikonsumsi bisa benar-benar membuat sakit.

Caranya dengan membubuhkan tanda tanggal penarikan pada makanan yang mudah rusak termasuk telur, susu dan daging mentah. Jika masih dalam kualitas dan keadaan yang baik, makanan dengan tanggal kadaluarsa itu kemudian dapat dipisahkan untuk dijual kembali.

Lantas, apa saja jenis makanan yang tetap dapat anda makan setelah tanggal akhir mereka?

Berikut jenis makanan yang tetap dapat anda makan secara umum.

1. Telur. Untuk kualitas terbaik, gunakan telur sekitar 3 sampai 5 minggu dari tanggal awal anda membeli.

2. Roti. Kemasan satu pack roti dapat digunakan setelah melewati tanggal kadaluarsa. Jika anda melihat bercak pada potongan roti seperti jamur, baru makanan itu bisa dikatakan tak boleh dikonsumsi.

3. Sereal sarapan. Mungkin anda akan kehilangan cita rasa terbaik dari sereal ketika melewati kadaluarsa nya. Tetapi anda akan tetap aman untuk mengkonsumsinya beberapa hari setelah tanggal terbaik makanan itu berlalu.

4. Crackers. Sekotak biskuit kering dapat melewati tanggal terbaiknya setelah pertama kali ia dikeluarkan oleh produsen. Hal ini tak akan membuat anda sakit.

5. Susu. Produk cair ini dapat bertahan beberapa saat setelah melewati tanggal mulai dijual. Namun untuk memastikan apakah susu tersebut aman untuk anda konsumsi, ciumlah baunya. Jika anda merasakan ada bau busuk dan terjadi perubahan tekstur, buanglah.

6. Mie pasta kering. Pasta kering akan tetap baik selama bertahun-tahun di luar tanggal terbaiknya.

7. Daging. Jika anda membeli daging, namun anda belum membuka segelnya, maka daging dapat anda gunakan sampai waktu 3 sampai 5 hari. Namun jika sebelum tanggal itu sudah keluar bau busuk, anda harus membuangnya.

8. Makanan kaleng. Jika makanan kaleng yang anda beli telah melewati tanggal terbaiknya, anda tetap dapat mengkonsumsinya , selama kaleng tersebut tidak penyok atau berkarat. WFMY | DESTRIANITA

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!