5 Keahlian Ini Hidup Bakal Bisa Lebih Hemat

redaksi.co.id - 5 Keahlian Ini Hidup Bakal Bisa Lebih Hemat Hidup di dunia butuh perjuangan bro, gak mau dong hidup dari belas kasihan orang lain. Gak...

14 0

redaksi.co.id – 5 Keahlian Ini Hidup Bakal Bisa Lebih Hemat

Hidup di dunia butuh perjuangan bro, gak mau dong hidup dari belas kasihan orang lain. Gak hanya harus punya pendidikan akademis setinggi-tingginya. Punya keahlian hari gini tuh juga bakal dipertimbangkan.

Bukan cuma hitam di atas putih kamu saja yang bisa membawa kehidupan karir atau masa depan kamu jadi secerah bunga-bunga di taman. Tanpa punya keahlian yang unik atau spesifik ya kamu bakalan sama saja dengan yang lain, gak punya nilai lebih. Sama halnya dengan barang obralan.

Kalau kamu punya keahlian seperti berikut ini, bukan gak mungkin loh bisa lebih hemat. Apa aja tuh?

1. Keahlian memasak

Bisa memasak merupakan satu keahlian yang pastinya bisa membantu hidup kamu dari pemborosan. Kok bisa? Ya dengan punya keahlian memasak, selain bisa menghemat pengeluaran untuk makanan, kamu juga malah bisa menambah pendapatan.

Manusia itu gak akan berhenti makan, karena makan merupakan kebutuhan paling mendasar manusia. Menuntaskan hasrat kuliner itu salah satu gaya hidup orang-orang yang tinggal di kota besar.

Kalau punya keahlian memasak, bisa nyobanyoba berbagai resep makanan yang dijual berbagai restoran. Jadi gak perlu deh tuh makan di restoran, bisa menciptakan masakan yang sama enaknya dengan yang dijual di luaran mulai dari kue-kue camilan atau menu besar dengan bahan-bahan yang lebih bersahabat dari segi harga dan memasak untuk seluruh keluarga.

Bayangkan aja penghematan yang bisa dilakukan. Semisal sekali makan di restoran saja kita bisa merogoh kocek sekitar Rp 100 ribu per orang, dikalikan dengan 2 orang anggota keluarga lagi misalnya, Rp 100 ribu x 3 = Rp 300 ribu sekali makan. Nah, kalau setiap minggu kebiasaan makan di luar Rp 300 ribu x 4 = Rp 1,2 juta

2. Keahlian otomotif

Nah, kalau punya kemampuan di bidang mesin-mesin kendaraan alias otomotif, gak bakalan rugi banget-banget deh. Apalagi kalau kamu menggunakan kendaraan baik motor dan mobil untuk aktivitas kerja or bisnis sehari-hari.

Udah tahu kan kalau biaya perawatan kendaraan itu gak murah bro. Apalagi buat kendaraan-kendaraan rakitan Eropa dengan spesifikasi mesin yang rumit. Punya kendaraan itu jangan cuma bisa digunakan terus ya. Secara berkala mesinnya musti diberi perawatan dan servis khusus.

Dengan keahlian dasar otomotif aja kamu bisa loh menghemat pengeluaran ke bengkel dengan melakukan sendiri pengecekan berkala ke kendaraan kamu. Mulai dari cek fungsi bagian-bagiannya sampai ganti oli atau mengganti beberapa bagian yang emang sudah harus diganti.

3. Keahlian pertukangan

Punya keahlian pertukangan juga bisa mehyelamatkan pengeluaran kamu. Kok bisa? Ya contohnya nih, untuk yang namanya bener-benerin bagian-bagian yang rusak di rumah. Saat talang air rumah rusak semisal, kamu bisa coba benerin dulu sendiri. Jadi hemat biaya jasa tukang kan. Paling harus beli talang air yang baru aja.

Trus misalnya lagi ada kursi yang kakinya patah satu, daripada beli baru, artinya pemborosan. Coba dibenerin di tukang servis furniture juga pasti keluar biaya lagi, mendingan coba benerin aja dulu sendiri kalau emang kerusakannya gak parah.

4. Hobi membaca

Gemar membaca bisa membuka wawasan kamu dan menjadi jendela dunia, setuju dong sama pepatah yang satu ini. Kalau kamu punya minat tinggi dalam soal membaca, apa aja, kamu jadi tahu informasi penting yang ternyata bisa menghemat uang kamu.

Contohnya aja nih, kamu jadi tahu supermarket mana aja sih yang lagi diskon kebutuhan-kebutuhan rumah tangga yang kebetulan lagi dibutuhin banget. Kamu juga jadi tahu banyak tentang kredit pemilikan rumah atau kendaraan seperti apa yang aman buat kamu dan lainnya.

5. Keahlian berhitung/akuntansi

Kalau keahlian yang satu ini jelas bisa banget menekan pengeluaran kamu ya. Secara setiap kebutuhan pasti kamu catat dan pertimbangkan.

Setiap ada penawaran kamu juga pasti selalu mengkalkulasikan, bisa cek benar atau gak potongan harga yang ditawarkan sama supermarket atau toko tertentu. Terlebih lagi pas ajuin KPR atau kredit lainnya, kamu bakal lebih aware soal cicilan dengan bunganya.

Masih banyak lagi jenis keahlian lain selain yang sudah disebutin di atas yang bisa membantu mempermudah hidup kamu bahkan bantu kamu berhemat ya. Kamu hanya perlu menggali lebih dalam potensi diri.

Kalau emang punya keahlian yang bisa membantu kamu lebih menikmati hidup ya kenapa gak dimanfaattin? Ingat ya, bukan menghalalkan segala cara demi kepentingan diri sendiri.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!