Panda Tak Lagi Dianggap Spesies Langka

68

redaksi.co.id – Panda Tak Lagi Dianggap Spesies Langka

Hewan panda raksasa kini tak lagi dianggap sebagai spesies yang terancam punah. Hal itu diumumkan oleh organisasi konservasi alam dunia, World Wildlife Fund (WWF).

Dilansir dari Time Senin, 5 September 2016, WWF mengeluarkan pernyataan telah terjadi kenaikan sebesar 17 persen pada populasi panda hingga 2014, sehingga menurunkan skala spesies dari rentan menjadi langka.

“Pemulihan panda menunjukkan bahwa ketika ilmu pengetahuan, kemauan politik dan keterlibatan masyarakat lokal datang bersama-sama, kita bisa menyelamatkan satwa liar dan juga meningkatkan keanekaragaman hayati,” kata Direktur Jenderal WWF Marco Lambertini, seperti dikutip dari Time .

Marco menambahkan, WWF telah bekerja selama puluhan tahun untuk menyelamatkan panda raksasa dengan mengembangkan cadangan dan bekerja dengan masyarakat setempat untuk membangun mata pencaharian yang berkelanjutan dan meminimalkan dampaknya terhadap hutan. Meski begitu, populasi panda masih berada di bawah ancaman.

“Setiap orang harus merayakan prestasi ini, tetapi panda tetap tersebar dan rentan, dan banyak dari habitat mereka terancam oleh proyek-proyek infrastruktur yang terencana secara buruk. Dan ingat, masih ada hanya 1.864 yang tersisa di alam,” ujar CEO WWF Cina, Lo Sze Ping. TIME | DESTRIANITA

(red/ngga/eksa/AR)

loading...

Comments

comments!