Menag Cek Kualitas Tenda Arafah

redaksi.co.id - Menag Cek Kualitas Tenda Arafah "Ini konstruksinya memang begini? Kuat tidak ini". Itu pertanyaan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tentang kualitas tenda jamaah saat...

22 0

redaksi.co.id – Menag Cek Kualitas Tenda Arafah

“Ini konstruksinya memang begini? Kuat tidak ini”. Itu pertanyaan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tentang kualitas tenda jamaah saat puncak ibadah haji wukuf di Padang Arafah yang akan berlangsung pada 11 September.

Dia menyampaikan hal itu saat melakukan peninjauan kesiapan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina), Mekkah, Arab Saudi, Selasa malam waktu Arab Saudi.

Menag saat itu menemukan tenda yang diragukan kekuatannya. Apalgi, tenda terbuka itu dan tidak memiliki tiang penyangga di bagian tengahnya.

Sambil menggoyangkan tenda itu, akhirnya Lukman mendapat penjelasan dari Muassasah, pihak swasta yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi untuk mengurus haji. Bahwa tenda berukuran sekitar 2,5×3 meter itu adalah tenda bagi jamaah duduk-duduk berbincang bukan tenda utama.

Pertanyaan Lukman wajar mengingat pada musim haji tahun lalu terjadi insiden tenda jamaah roboh, yang selain mengganggu ibadah juga membahayakan jamaah. Di Arafah jamaah akan tinggal di sebuah tenda terbuka non permanen beralaskan karpet dan pendingin waterfan atau kipas angin yang mengeluarkan air.

Sementara itu di Muzdalifah, Menag mencoba fasilitas karpet yang untuk pertama kalinya disiapkan Muassasah bagi jamaah Indonesia. Di Muzdalifah jamaah akan tinggal selama sekitar setengah hari hingga tengah malam untuk mengumpulkan batu yang akan digunakan dalam lontar jumrah. Selama di Muzdalifah jamaah akan difasilitasi dengan karpet tanpa tenda.

Sedangkan di Mina, jamaah memperoleh fasilitas tenda tertutup dengan pendingin ruangan sebab akan tinggal lebih lama. Pada kesempatan itu belum semua fasilitas tersedia, beberapa tenda di Arafah juga belum selesai didirikan. Namun Muassasah menjanjikan semua akan siap pada Rabu (7/9).

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!