7 Diktator yang Doyan Foya-foya dan Hidup Mewah

redaksi.co.id - 7 Diktator yang Doyan Foya-foya dan Hidup Mewah Seorang diktator dikenal sebagai sosok pemimpin negara yang memerintah secara otoriter. Banyak di antara mereka yang...

23 0

redaksi.co.id – 7 Diktator yang Doyan Foya-foya dan Hidup Mewah

Seorang diktator dikenal sebagai sosok pemimpin negara yang memerintah secara otoriter. Banyak di antara mereka yang mampu meraih jabatan yang dimiliki dengan cara kekerasan. Tak heran, cara kepemimpinannya juga sering mendapat penolakan dari penduduk negara.

Banyak dari diktator yang menikmati harta dan kekuasaan besar di saat rakyatnya tengah dihadapkan pada kondisi memprihatinkan. Mereka menggunakan harta dan kekayaan untuk memperkaya diri sendiri. Padahal harta tersebut sebenarnya ditunjukkan untuk memakmurkan rakyat di negaranya.

Melansir laman TheRichest.com, Selasa (6/9/2016) berikut tujuh diktator yang memiliki kehidupan super mewah:

7. Dennis Sassou Nguesso

Nama Dennis Sassou Nguesso dikenal sebagai salah satu Presiden asal Afrika yang menggunakan harta negaranya untuk kepentingan pribadi. Saat memerintah di Kongo, Sassou dan keluarganya dilaporkan menghabiskan jutaan dolar untuk liburan. Ia menghabiskan uang hingga US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar (kurs 1 Rp = Rp 13.157) untuk biaya hotel saat menginap di New York.

Dia juga senang berbelanja menggunakan kartu kredit. Tagihan kartu kreditnya mencapai lebih dari US$ 10 ribu atau setara Rp 131 juta. Beberapa barang yang dibelinya adalah pakaian karya desainer terkenal seperti Louis Vuitton dan Roberto Cavalli.

6. Ali Bongo Ondimba

Presiden asal Afrika lain yang senang menghabiskan uang negara demi kepentingan pribadinya adalah Ali Bongo Ondimba. Saat memerintah negara Gabon, pria ini dikabarkan menggelapkan 25 persen dari PDB negaranya.

Kekayaan pemimpin otoriter ini ditaksir mencapai US$ 1 miliar. Ia juga memiliki beberapa properti mewah di Paris seharga US$ 138 juta atau Rp 1,81 triliun.

5. Bashar al-Assad

Presiden Suriah, Bashar al-Assad dikenal senang untuk menikmati kehidupan yang mewah. Hal ini mudah untuk dilakukannya mengingat ia menguasai 60-70 persen aset negara Suriah.

Keluarga al-Assad juga telah memimpin negara tersebut selama lebih dari 40 tahun Istrinya, Asma al-Assad dikanarkan pernah berbelanja jutaan dollar saat kepolisian negaranya sedang mengalami konflik dengan demonstran. Aset keluarga al-Assad ditaksir bernilai hingga US$ 1,5 miliar atau Rp 19,7 triliun.

4. Muammar Gaddafi

Diktator satu ini menggunakan keuntungan hasil penjualan minyak di Libya untuk membiayai kehidupan mewah keluarganya. Gaddafi dan keluarga senang untuk menghabiskan waktu di rumah mewah dekat pantainya di daerah Tripoli.

Vila milik Gaddafi juga dilaporkan penuh dengan barang-barang mewah dan bermerek mahal. Ia mengkoleksi senjata yang dilapis emas dan berlian. Gaddafi bahkan memiliki kebun binatang pribadi yang ditujukan untuk anaknya.

Saat asetnya dibekukan pada tahun 2011, berita melansir bahwa ia memiliki kekayaan dengan jumlah fantastis. Aset yang dimilikinya mencapai US$ 30 miliar atau Rp 394 triliun yang tersebar di beberapa negara seperti Inggris, Kanada, Austria hingga Amerika Serikat.

3. Hosni Mubarak

Aset yang dimiliki mantan diktator ini mencapai US$ 70 miliar atau Rp 921 triliun. Ia mampu mendapat kekayaannya dari kontrak militer dan suap. Beberapa properti miliknya tersebar di luar negeri.

Ia dikabarkan memiliki rumah mewah di London dan dua kapal pesiar. Ia dinilai sangat menikmati kehidupan mewahnya di saat rakyat negara Mesir yang dipimpinnya harus berjuang dalam kemiskinan dan tingkat pengangguran yang tinggi.

2. Kim Jong-Il

Di bawah kepemimpinannya, rakyat Korea Utara harus bergumul dalam kemiskinan saat dirinya menikmati kekayaan yang besar. Ia menghabiskan US$ 300 juta atau Rp 3,94 triliun per tahun untuk membeli barang-barang mewah.

Ia senang menyantap hidangan sup sirip hiu mahal dan mengkoleksi wine di lemari pribadinya. Beberapa media juga pernah memberitakan Kim Jong-II menghabiskan dana hingga Rp 12,2 miliar untuk membeli sebuah botol wine.

Salah satu tingkah yang paling mencengangkan adalah ketika ia menculik produser film Korea dan istrinya dan memaksanya untuk membuat sebuah film untuknya. Ia juga membangun 34 ribu patung berwujud dirinya dan menempatkannya di seluruh penjuru Korea Utara.

1. Saddam Husein

Diktator asal Irak ini senang membangun istana. Ia bahkan membangun istana di semua kota di Irak untuk menunjukkan kekuatannya pada warga negaranya. Istana milik Saddam Husein didekor dengan sangat mewah. Di dalamnya terdapat toilet berlapis emas, kertas toilet emas dan lampu yang didesain berbentuk seperti wanita.

Anak Saddam Husein memiliki wilayah sendiri dalam istana yang didalamnya terdapat kebun binatang berisi Singa dan Cheetah. Diktator ini memiliki kapal pesiar sepanjang 270 kaki dan belapis emas. Kapal tersebut baru saja dilelang dengan harga 20 juta pound sterling atau Rp 350 miliar. (Vna/Ndw)

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!