SBY Minta Kongres IV Demokrat Sesuai Aturan Main

Kaukus Penyelamat Partai Demokrat Ancam Kongres Tandingan SURABAYA Redaksi.co.id–Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya diselenggarakan sesuai dengan...

42 0

Kaukus Penyelamat Partai Demokrat Ancam Kongres Tandingan

 

SURABAYA Redaksi.co.idKetua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya diselenggarakan sesuai dengan aturan main.

“Tetap junjung nilai demokrasi dan sesuai dengan aturan main. Harapan kami seperti itu,” kata SBY ketika tiba di lokasi Kongres Ke-4 Partai Demokrat di Surabaya, Senin siang (11/5/2015).

Susilo Bambang Yudhoyono yang hadir ditemani istrinya Ani Yudhoyono berharap Kongres IV Partai Demokrat dapat berjalan lancar karena kongres itu diselenggarakan dengan tujuan baik.

Presiden ke-6 RI itu pun menyempatkan diri berfoto dan bersalaman dengan para kader dan simpatisan Partai Demokrat sebelum bergegas menuju ruang rapat.

Kongres IV Partai Demokrat berlangsung 11-13 Mei 2015 di Surabaya, Jawa Timur, dengan salah satu agenda, yakni pemilihan ketua umum.

Ketua Steering Committee Partai Demokrat Syarief Hasan memastikan SBY akan maju sebagai calon ketua umum petahana.

Meskipun sejauh ini baru SBY yang mendaftarkan diri maju, Syarief menargetkan ada tiga kandidat yang bisa berkompetisi sebagai ketua umum.

“Pendaftaran (ketua umum) ditutup besok jam 12 siang. Saat ini Steering Committee baru menerima pendaftaran satu orang, yaitu Pak SBY, yang diajukan hampir seluruh DPD dan DPC. Akan tetapi, kalau ada yang mau daftar lagi silakan,” kata Syarief.

Sementara itu Kaukus Penyelamat Partai Demokrat mengancam akan menggelar kongres tandingan sebagai reaksi atas pengabaian protes dari sejumlah dewan pimpinan cabang yang pimpinannya diberhentikan oleh pusat.

“Kalau sampai pelaksanaan kongres tidak ada tanggapan terhadap protes kami, maka tidak menutup kemungkinan digelar kongres tandingan,” ujar Sekretaris KPPD M Eksan kepada wartawan di Surabaya, Minggu malam.

KPPD memprotes kebijakan Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarif Hasan usai memberhentikan pengurus DPC menjelang kongres yang dinilainya sewenang-wenang dan tidak sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat.

“Kami telah menyampaikan protes ke DPP, akan tetapi suara kami tidak didengarkan dan digubris,” ucap mantan Ketua DPC Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah tersebut.

Menurut dia, seluruh surat pemberhentian 161 DPC dan pengangkatan pelaksana tugas (Plt) tidak sah dan karenanya harus batal demi hukum.

“Kami harapkan kongres bisa mengoreksi keputusan Syarif Hasan agar dipulihkan sebelum dimulai. Kongres terancam ilegal kalau tidak mengikutsertakan kami sebagai peserta karena memiliki hak suara,” ucapnya.

Sementara itu, KPPD juga mengaku kecewa karena tidak diperkenannya menggelar temu kangen dan silaturahim di salah satu hotel yang menjadi lokasi penginapan peserta kongres di kawasan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Minggu malam.

“Sebenarnya Minggu malam KPPD mengadakan silaturahim dan menyikapi kongres. Tapi saat kami sore datang di hotel, ruangan sudah ditutup dan diberi garis larangan masuk,” kata Juru Bicara KPPD Basuki.

Secara organisasi, lanjut dia, pihaknya mengaku cinta Demokrat dan merasa memiliki partai karena sudah menjadi kader sejak lama, sekaligus turut mendeklarasikan berdirinya Partai Demokrat di wilayahnya masing-masing.

Pihaknya juga mengancam tetap mendatangi arena kongres di Hotel Shangri-la Surabaya untuk proses registrasi pada Senin, 11 Mei 2015.(AN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!