Fakta Menarik MotoGP San Marino: Rossi Kalah dari Lorenzo

redaksi.co.id - Fakta Menarik MotoGP San Marino: Rossi Kalah dari Lorenzo Persaingan MotoGP 2016 akan kembali memanas seiring bergulirnya MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu...

30 0

redaksi.co.id – Fakta Menarik MotoGP San Marino: Rossi Kalah dari Lorenzo

Persaingan MotoGP 2016 akan kembali memanas seiring bergulirnya MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (11/9/2016). Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, dipastikan akan mendapat dukungan besar dari fans fanatiknya.

Itu karena San Marino sudah dianggap sebagai balapan kandang bagi Rossi. Sayang, catatan Rossi di Sirkuit Misano justru kurang cukup baik. Bahkan, koleksi kemenangan Rossi di Misano masih kalah dari rekan setimnya, Lorenzo, dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Misano sendiri adalah sirkuit yang menyimpan banyak cerita sejak pertama kali menjadi salah satu venue dalam kalender Grand Prix sejak 1981. Bahkan, Misano sudah menjadi sirkuit yang memakan korban tewas.

Setidaknya, ada tujuh fakta menarik yang layak diketahui dari lintasan sepanjang 4.064 km tersebut. Berikut fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Jorge Lorenzo dan Marc Marquez sama-sama mengoleksi empat kemenangan di Misano. Namun, Lorenzo lebih unggul karena tiga kemenangannya didapat di MotoGP.

2. Yamaha adalah tim konstruktor yang mengoleksi kemenangan terbanyak di Misano, yakni 13 kali.

3. Pembalap kelas utama yang menjadi juara pertama di Misano adalah Marco Lucchinelli dari Suzuki pada 1981.

4. Misano sempat absen cukup lama menjadi lintasan MotoGP, yakni sejak tahun 1994 hingga 2006.

5. Nama Misano World Circuit Marco Simoncelli disematkan untuk menghormati mendiang Marco Simoncelli yang tewas saat balapan MotoGP Malaysia 2011.

6. MotoGP San Marino 1993 menjadi akhir dari karier juara dunia, Wayne Rainey. Insiden di sana membuat Rainey lumpuh permanen dari dada ke bawah.

7. Shoya Tomizawa tewas saat melakoni balapan Moto2 tahun 2010 di Sirkuit Misano. Kecelakaan tersebut juga melibatkan Scott Redding dan Alex de Angelis. Kebetulan, insiden tersebut bertepatan dengan 17 tahun hari di mana Raine kecelakaan.

8. Meski termasuk balapan kandang, Rossi justru baru meraih tiga kemenangan di Misano.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!