Dini Hari Nanti, Ada Asteroid Melintasi Bumi

275

redaksi.co.id – Dini Hari Nanti, Ada Asteroid Melintasi Bumi

Pasadena Sebuah asteroid kecil yang disebut 2016 RB1 akan melintasi bumi pada 00.20 WIB, Jumat dini hari nanti. Jaraknya asteroid 40 ribu Kilometer dari Bumi, atau kurang dari 1/10 jarak Bumi ke Bulan.

Orbit asteroid tak akan melalui orbit komunikasi Bumi karena berada di bawah Kutub Selatan. Asteroid 2016 RB1 diperkirakan berdiameter 7-16 meter. Ini adalah asteroid yang terdekat dengan Bumi setidaknya untuk setengah abad ke depan.

Batu angkasa ini ditemukan pada 5 September 2016 oleh astronom menggunakan teleskop reflektor Cassegrain 60 inchi milik Catalina Sky Survey yang berlokasi di puncak Gunung Lemmon di Pegunungan Catalina, Arizona. Pengamatan ini adalah bagian dari proyek kerja sama badan antariksa Amerika Serikat, NASA dan Universitas Arizona.

Proyek yang diberi nama NEO Observation Program ini memiliki daftar lengkap benda langit yang mendekat ke Bumi. Baik yang sudah lewat maupun yang akan datang. Serta semua data lain dalam orbit NEOs (near-Earth objects). Jadi, peneliti dan publik bisa mendapat informasi tentang objek-objek yang diteliti di NEO Observation Program. NASA | TRI ARTINING PUTRI

(red/iti/mi/anik/SUH)

loading...

Comments

comments!