Kontroversi Miss Japan Berwajah India

redaksi.co.id - Kontroversi Miss Japan Berwajah India Pemenang Miss Japan 2016 kali ini untuk kali kedua merupakan peranakan campuran 2 negara. Adalah Priyanka Yoshikawa, gadis kelahiran...

36 0

redaksi.co.id – Kontroversi Miss Japan Berwajah India

Pemenang Miss Japan 2016 kali ini untuk kali kedua merupakan peranakan campuran 2 negara. Adalah Priyanka Yoshikawa, gadis kelahiran orangtua India-Jepang di Tokyo.

Wanita yang memiliki sertifikat sebagai pelatih gajah ini dinobatkan sebagai Miss Jepang 2016 pada Senin 5 September 2016. Kemenangan besar gadis berusia 22 tahun ini terjadi setahun setelah Ariana Miyamoto, wanita Jepang berkulit hitam yang memenangkan gelar Miss Universe Jepang 2015.

Miyamoto adalah yang wanita ras campuran Jepang pertama yang memenangkan kontes kecantikan, di negara yang sebagian besar ras homogen. Ia dihujani komentar negatif setelah dinobatkan.

Tapi kemenangan Miyamoto mendorong orang lain untuk mengikuti jejaknya.

“Saya tidak tahu Ariana secara pribadi, tapi saya menjadi penggemar besarnya. Dia telah mengilhami saya untuk memenangkan persaingan,” kata Yoshikawakepada CNNyang Liputan6.com kutip Kamis (8/9/2016).

Tak seperti Miyamotoyang menuai hujatan, kemenanganYoshikawamendapat lebih banyak respons positif. Bahkan orang berharap dia mewakili Jepang dalam kompetisi Miss World di Washington, DC Desember ini.

Namun, beberapa merespons negatif. “Bisakah ras Jepang asli ikut serta?” tanya salah satu pengguna Twitter.

Yoshikawayang telah menghabiskan menjalankan tugas di AS dan India mengatakan bahwa ketika ia pindah kembali ke Jepang dari dia bepergian ke luar negeri, kadang-kadang orang akan bertanya tentang asal-usul dirinya.

“Jika aku berada di India, orang tidak akan bertanya,” ucap Yoshikawa kepada CNN.

MissJapanitu tidak membiarkan komentar negatif atau pertanyaan yang ingin menjatuhkan dirinya. Dia mengatakan kepada CNN, bahwa dia merasa bahwa baik Jepang dan dunia menjadi lebih beragam.

Direktur Miss WorldJapan Office, Tomoko Morikawamengatakan kepada CNN bahwa standar kecantikan Jepang berubah. Yoshikawa telah dipilih tahun ini berdasarkan pada kedua penampilan dan kontribusi kepada masyarakat.

“Kami belum menerima komentar kritis pada dirinya selama ini. Dia bilingual dan internasional, dia adalah orang yang benar-benar cocok mewakili Jepang di panggung dunia,” kata Morikawa.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!