5 Aksi Debutan Derby Manchester yang Paling Dikenang

redaksi.co.id - 5 Aksi Debutan Derby Manchester yang Paling Dikenang Manchester United akan melawan rival sekotanya, Manchester City pada Sabtu (10/9/2016) malam di Old Trafford. Beberapa...

25 0

redaksi.co.id – 5 Aksi Debutan Derby Manchester yang Paling Dikenang

Manchester United akan melawan rival sekotanya, Manchester City pada Sabtu (10/9/2016) malam di Old Trafford. Beberapa pemain bakal merasakan pengalaman pertamanya tampil dalam laga bergengsi bertajuk derby Manchester tersebut.

Claudio Bravo, Ilkay Gundogan, serta Leroy Sane adalah pemain anyar yang baru datang pada musim panas ini. Ketiganya kemungkinan bakal debut bahkan mencatatkan rekor dalam bentrokan seru akhir pekan nanti.

Dari sekian laga derby yang telah dimainkan MU dan City, sejumlah pemain debutan punya kisah menarik yang patut diingat penggemar sepak bola Inggris. Bukan tak mungkin momen menarik tercipta pada derby Manchester ke-21 di Old Trafford nanti.

Berikut ini adalah lima aksi paling berkesan dari pemain debutan di derby Manchester.

1. Eric Cantona: Manchester United 2-1 Manchester City 1 (6 Desember 1992)

Zlatan Ibrahimovich mengingatkan kita pada legenda Eric Cantona yang cepat dicintai suporter Setan Merah. King Eric- begitu julukannya, kerap mencetak gol di partai derby melawan City.

Dia mencetak delapan gol dari tujuh kali derby. Namun, pada 6 Desember 1992 dia turun tanpa menyumbangkan gol sebagai debutan di paruh kedua, setelah Ryan Giggs ditarik.

2. Phil Neville: Manchester City 0-3 Manchester United 3 (11 Februari 1995)

Phil melakoni debut di usia 18 tahun bersama United. Dia membantu kemenangan tim saat Paul Ince, Andrei Kanchelskis dan Andy Cole mencetak gol di laga tersebut.

Sebelum menang di kandang lawan, mereka lebih dulu berpesta pada partai derby di Old Trafford lewat skor telak 5-0.

3. Mikhail Kavelashvili: Manchester City 2-3 Manchester United (6 April 1996)

Secercah sinar menerang kegelapan di tim Manchester City era 1990-an. Kehadiran playmaker Georgi Kinkladze asal Georgia itu membuat permainan tim berjuluk The Citizens itu meningkat.

Puas dengan kinerja, Kinkladze, manajer City kala itu, Alan Ball kembali mendatangkan pemain-pemain dari Eropa Timur. Dia lalu merekrut Mikhail Kavelashvili dengan harapan pemain asal Georgia ini mampu secemerlang kompatriotnya, Kinkladze.

Dalam debut derby Manchester-nya, Kavelashvili berhasil menyamakan kedudukan usai MU memimpin lewat penalti Eric Cantona. Namun Setan Merah kembali unggul lewat gol Andy Cole. Pemain pengganti, Uwe Rosler yang tergusur secara kontroversial oleh kehadiran Kavelashvili kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Ryan Giggs akhirnya memastikan kemenangan 3-2 Setan Merah lewat tendangan kerasnya.

Setelah derby ini, Kavelashvili tidak pernah lagi mencetak gol bagi City di laga-laga elite. The Citizens akhirnya degradasi dan Kavelashvili hengkang karena masalah administrasi.

4. Patrice Evra: Manchester City 3-1 Manchester United (14 Januari 2006)

Bek kiri Prancis ini menikmati 10 gelar bersama United di sepanjang kariernya. Namun dalam derby Manchester pertamanya, dia gagal membantu tim MU untuk menang. Ditambah lagi, penyerang Cristiano Ronaldo mendapat kartu merah dalam pertandingan tersebut.

5. Benjani Mwaruwari: Manchester United 1 Manchester City 2 (10 Februari 2008)

© Disediakan oleh Liputan 6

Pemain asal Zimbabwe ini didatangkan manajer Sven Goran-Eriksson dari Portsmouth detik-detik jelang penutupan bursa transfer. Sebagai pemain debutan di derby, Benjani mencetak gol kemenangan untuk City.

MU sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Michael Carrick, tapi kemenangan sudah menjadi milik City. Inilah kemenangan mereka yang pertama sejak derby tahun 1974.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!