Trik Hemat Uang Saat Libur Panjang

redaksi.co.id - Trik Hemat Uang Saat Libur Panjang Libur panjangmemperingati Idul Adha di depan mata. Sejumlah kegiatan mungkin telah direncanakan untuk mengisi liburan. Meski demikian, jangan...

23 0

redaksi.co.id – Trik Hemat Uang Saat Libur Panjang

Libur panjangmemperingati Idul Adha di depan mata. Sejumlah kegiatan mungkin telah direncanakan untuk mengisi liburan. Meski demikian, jangan sampai kegiatanliburan itu mengganggu keuangan Anda.

Perencana keuangan One Shildt Budi Raharjo menuturkan biasanya ada sejumlah anggaran yang dipersiapkan saat libur Idul Adha.

Anggaran dana itu digunakan untuk pulang kampung berkumpul bersama keluarga, membeli hewan kurban, dan bahkan hanya liburan di dalam kota Jakarta saja, atau yang lainnya.

Karena itu, perlu biaya yang dikeluarkan untuk hewan kurban, transportasi, makan dan akomodasi.

Budi mengatakan, alokasi biaya tersebut sebaiknya jangan digunakan dari dana kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya diambil dari dana liburan yang sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

“Bila dana sudah dianggarkan untuk pengeluaran hewan kurban sebaiknya tetap dengan rencana itu, kalau ada sisa baru dipakai untuk kegiatan lain saat liburan. Jangan terlalu dipaksakan,” ujar Budi saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (10/9/2016).

Lebih lanjut ia mengatakan, bila memang belum mempersiapkan dana liburan untuk idul adha dan tidak cukup boleh saja menggunakan kartu kredit. Akan tetapi seseorang tersebut harus disiplin membayar angsuran kartu kredit.

“Utang tidak boleh lebih dari 35 persen dari penghasilan. Misalkan pendapatannya Rp 10 juta, maka bayar cicilan tak boleh lebih dari Rp 3,5 juta,” ujar dia.

Selain itu, Budi menuturkan, tagihan kartu kredit sebaiknya dilunasi 2-3 bulan agar tidak mengganggu arus kas. Namun ia menegaskan agar sebaiknya hindari utang untuk biaya liburan.

Agar dana liburan tak mengganggu arus kas, Budi pun memberikan tips. Pertama, tentukan tujuan dan tema liburan. Kedua, tentukan berapa lama untuk liburan. Budi mengatakan, bila waktu menginap pendek maka lebih hemat.

Ketiga, tetapkan transportasi. Bila menggunakan pesawat terbang, sebaiknya memesan tiket jauh hari sebelum waktu liburan. “Gunakan tiket promo,” ujar dia.

Keempat, sebaiknya mencari penginapan bila memungkinkan tinggal di rumah saudara atau kerabat. Kelima, memilih makanan yang murah. “Selama liburan pilih makanan yang terjangkau agar pengeluaran tak berlebih di makanan,” tutur Budi.

Bagi Anda yang menghabiskan waktu libur hanya di dalam kota, dan tidak berencana kemana-mana, Budi menuturkan ada strategi agar tetap hemat saat libur panjang. Pertama, manfaatkan promosi sejumlah merchant. Kedua, gunakan paket diskon untuk program aplikasi di handphone.

“Pergunakan diskon di aplikasi. Kalau misalkan untuk makan, yang penting tahu promo,” tutur Budi. (Ahm/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!