5 Manajer yang Lebih Hebat dari Mourinho

89

redaksi.co.id – 5 Manajer yang Lebih Hebat dari Mourinho

Jose Mourinho merupakan salah satu manajer terbaik di dunia. Manchester United cukup beruntung bisa merasakan tangan dingin pria berkebangsaan Portugal tersebut.

Mourinho sudah dua kali memenangkan Liga Champions, yakni pada 2004 bersama Porto dan Inter Milan pada 2010. Dia juga telah memenangkan kompetisi domestik Primeira Liga, La Liga, Seria A, dan Liga Premier Inggris.

Beberapa pemain top Eropa juga sudah pernah merasakan besutan tangan dinginnya, seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Frank Lampard, Ricardo Kaka, Didier Drogba, hingga Cristiano Ronaldo.

Meski demikian, ada lima pelatih yang diyakini bisa melebihi kehebatan Mourinho, dikutip dari Sportskeeda. Siapa saja mereka? Simak di halaman selanjutnya.

Alan Pardew

Alan Pardew merupakan salah satu manajer top di pentas Liga Premier Inggris. Meski sudah malang melintang sebagai manajer, Pardew ternyata mengalahkan Mourinho dalam tiga pertemuan pertama mereka.

Pertemuan pertama keduanya terjadi pada 2013. Saat itu, Pardew masih melatih Newcastle United dan Mourinho menakhodai Chelsea. Pardew mengalahkan Mourinho berkat gol yang dicetak Yohan Gouffran dan Loic Remy.

Pada musim 2014/15, Chelsea yang dipimpin Mourinho berada diambang rekor tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan Liga Premier Inggris. Tapi Pardew bersama Newcastle berhasil mengalahkan The Blues.

Agustus 2016, Pardew melatih Crystal Palace sukses membungkam Mourinho dengan skor 2-1. Catatan yang menarik dari Pardew.

Tony Pulis

Pada musim 2015/16, Mourinho punya kutukan, yakni dikalahkan oleh manajer yang memiliki inisial ‘P’. Musim lalu, manajer berusia 53 tahun tersebut dikalahkan Toni Pulis (Crystal Palace), Gustavo Poyet (Sunderland), Alan Pardew (Newcastle United), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Toni Pulis (West Bromwich Albion, dan Manuel Pellegrini (Manchester City).

Tony Pulis dan Mourinho sudah bertemu sebanyak empat kali. Mourinho baru mengantongi satu kemenangan, sedangkan Pulis sudah dua kali mengalahkan mantan pelatih Inter Milan tersebut. Satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Pulis sudah menjadi pelatih di Inggris sejak 1992. Pria berusia 58 tahun tersebut sudah menjalani 994 pertandingan dengan meraih 361 kemenangan, 298 hasil imbang, dan menelan 335 kekalahan.

Rafael Benitez

Rafael Benitez dan Jose Mourinho seperti air dan minyak yang tidak pernah bersatu. Keduanya malah sering melempar perang urat syaraf.

Mourinho pernah mengatakan bahwa Benitez merupakan seorang pria gendut. Sedangkan Benitez mengklaim bahwa dirinya selalu bisa menangani klub yang dihancurkan oleh Mourinho.

Kedua pelatih yang pernah melatih Inter Milan, Chelsea, dan Real Madrid ini sudah 12 kali berhadapan. Mourinho mengantongi empat kemenangan, Benitez mengoleksi empat kemenangan, dan empat pertandingan lainnya berakhir imbang.

Benitez malah pernah mempersembahkan gelar bergengsi di pentas Eropa untuk Chelsea, sebuah trofi yang belum pernah dimenangkan Mourinho bersama The Blues. Benitez memenangkan Liga Europa untuk Chelsea pada musim 2012/13.

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih yang sulit dikalahkan Mourinho. Buktinya terjadi pada Liga Champions 2012/13. Ketika itu Mourinho masih menjadi nakhoda Real Madrid, sedangkan Klopp melatih Borussia Dortmund.

Pada musim ini, keduanya berhadapan sebanyak empat kali, yakni pada babak penyisihan grup dan babak semifinal. Pada laga pertama yang berlangsung di Signal Iduna Park, 25 Oktober 2012, Klopp mengalahkan Mourinho dengan skor 2-2.

Leg kedua babak penyisihan grup berlangsung di Santiago Bernabeu Stadium pada 7 November 2012. Meski bermain di kandang sendiri, Mourinho gagal memberikan kemenangan untuk Real Madrid. Dia harus puas dengan hasil imbang 2-2 melawan Klopp.

Pertandingan ketiga Mourinho melawan Klopp terjadi di babak semifinal. Pada leg pertama, Klopp mengalahkan Mourinho dengan skor 4-1 di Signal Iduna Park, 25 April 2013.

Mourinho akhirnya bisa mengalahkan Klopp untuk pertama kalinya. Itu terjadi pada semifinal leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu. Ketika itu Madrid menang 2-0 atas Dortmund. Namun, Mourinho gagal membawa Los Blancos ke partai final karena kalah gol agregat.

Pep Guardiola

Mourinho dan Pep Guardiola merupakan musuh bebuyutan meski sempat menjalin persahabatan saat masih bekerja untuk Barcelona.

Persahabatan keduanya pecah sejak Guardiola menjadi pelatih Barcelona pada 2008 hingga 2012. Sementara Mourinho melatih seteru abadi Barcelona, yakni Real Madrid sejak 2010 hingga 2013.

Mourinho sudah 17 kali menghadapi Guardiola. Mourinho sendiri baru memenangkan tiga pertandingan melawan Guardiola. Sedangkan Guardiola meraih delapan kemenangan. Sisanya yang berjumlah enam laga berakhir imbang.

Pertandingan terakhir keduanya terjadi di Old Trafford Stadium dalam Derby Manchester pada ajang Liga Premier Inggris, pekan lalu. Guardiola yang melatih Manchester City mengalahkan Mourinho yang menakhodai MU dengan skor 2-1.

(red/udianto/R)

loading...

Comments

comments!