Apple Didik Coding Sejak Kecil

    66

    redaksi.co.id – Apple Didik Coding Sejak Kecil

    Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan teknologi komputer untuk mengajarkan coding sejak dini. Beberapa perusahaan seperti Google, Microsoft, Minecraft, bahkan perusahaan gim pembeli franchise Star Wars sudah melakukan hal tersebut.

    Apple Corporation seolah tak ingin ketinggalan. Perusahaan komputer serta teknologi mobile tersebut mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa mengajarkan coding pada anak.

    Dilansir melalui situs Engadget Selasa (13/9) Apple mempunyai aplikasi Swift Playground yang bisa dimainkan pada perangkat iPad. Software tersebut juga bisa diakses melalui platform iOS, OS X, WatchOS, tvOS, dan Linux.

    Namun mulai 13 September perangkat iOS 10 sudah dapat mengaksesnya. Dalam software itu anak belajar membuat sebuah program berdasarkan panduan. Kemudian code bisa dimasukkan melalui Swift Box yang tersedia.

    Cara aplikasi tersebut bekerja memang easy use untuk anak-anak. Terutama dalam mempelajari programming. Anak-anak memiliki pengetahuan nol terhadap coding. Namun swift code bisa membuat program yang mereka buat tampak nyata.

    Meski bahasa coding sudah terbentuk oleh swift box, aplikasi juga bersifat open ended.Coding tetap bisa dimasukkan secara manual. Hal tersebut membuat anak semakin antusias melakukan coding. Anak bisa mengetahui kualitas coding yang ia buat, tapi di sisi lain juga bisa menggunakan coding yang sudah terbentuk.

    Apple sudah mendistribusikan aplikasi ke lebih dari 100 sekolah di Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Afrika. Rencananya Apple akan mengemasnya dalam bentuk workshop ‘Get Started With Coding’.

    Workshop tersebut akan diberikan sebuah area playground. Workshop akan berlangsung di beberapa toko-toko terpilih di AS, Canada, Inggris, Australia, Uni Emirates Arab, Belanda, dan Hong Kong.

    (red/oudlon/R)

    loading...

    Comments

    comments!