Cermati Daftar Produk Asuransi yang Wajib Anda dimiliki

72

redaksi.co.id – Cermati Daftar Produk Asuransi yang Wajib Anda dimiliki

Ketika berbicara mengenai asuransi, maka kita akan berbicara mengenai sejumlah uang yang juga cukup besar di dalamnya. Asuransi akan menjadi sebuah pengeluaran tetap yang cukup panjang di dalam keuangan Anda, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dengan jelas mengenai produk asuransi yang akan Anda beli dan gunakan. Jika salah memilih produk asuransi, maka Anda akan memboroskan sejumlah uang Anda dengan percuma.

Pada dasarnya, sebagian besar para pengguna layanan asuransi tidak mengetahui secara detail mengenai jenis perlindungan dan juga berbagai hal lainnya yang terdapat di dalam asuransi yang mereka gunakan. Bukan hanya karena isi polis yang menggunakan bahasa yang terkadang sulit dipahami oleh orang awam, namun hal ini memang seringkali menjadi disepelekan dan tidak diperhatikan sedemikian rupa oleh para pengguna asuransi.

Padahal salah yang Anda beli, bukan saja hanya akan merugikan Anda secara materi saja ketika membayar sejumlah polis setiap bulannya, namun hal ini juga bisa membuat Anda terkaget-kaget menghadapi sejumlah tagihan rumah sakit atau mengalami resiko yang bisa saja tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Lalu, apakah itu artinya asuransi tidak begitu penting untuk dimiliki?

Penggunaan asuransi tentu sangat penting bagi kehidupan kita, sebab berbagai resiko dan juga kerugian yang sewaktu-waktu bisa saja kita derita, akan ditanggung oleh mereka. Namun sebenarnya, hal yang tak kalah penting di dalam asuransi ini adalah mengetahui dengan jelas kebutuhan Anda yang sebenarnya dan menemukan sebuah layanan asuransi yang benar-benar tepat untuk berbagai kebutuhan tersebut. Jangan sampai Anda menggunakan sebuah layanan asuransi yang tidak Anda butuhkan, sebab ini akan menjadi sebuah pemborosan di dalam keuangan.

Dengan mengetahui secara jelas mengenai kebutuhan asuransi tersebut, maka Anda bisa mulai mencari dan mengumpulkan berbagai informasi akurat mengenai layanan yang paling tepat. Ini tentu tidak mudah, karena itu sangat dianjurkan untuk Anda berkonsultasi dengan orang yang ahli dalam bidang tersebut, biasanya broker asuransi, pihak perusahaan asuransi, atau seorang perencana keuangan yang memiliki keahlian dalam hal ini.

Secara garis besar, ada beberapa layanan asuransi yang memang wajib untuk Anda miliki, di mana berbagai resiko yang berat / tinggi di dalam kehidupan Anda akan dijamin oleh asuransi tersebut. Simak beberapa jenis asuransi yang wajib untuk Anda miliki di bawah ini:

Asuransi kesehatan viacovenantdirectinsurance.com

Anda tentu mengerti dengan jelas, bagaimana mahalnya biaya kesehatan di dalam kehidupan ini. Sejumlah uang yang sangat besar beserta dengan sejumlah kerugian lainnya akibat tidak bisa beraktifitas sebagaimana biasanya, ini akan menguras kantong Anda dalam-dalam, jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk memiliki sebuah asuransi kesehatan.

Bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan swasta atau lembaga pemerintah, maka Anda sudah pasti dilindungi dengan layanan asuransi kesehatan. Namun bagi Anda yang bekerja sebagai seorang wiraswasta atau pun berbagai bidang lainnya, maka Anda harus membeli sendiri layanan asuransi kesehatan ini melalui perusahaan asuransi. Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kesehatan, dan Anda tentu bisa menemukan satu yang paling tepat bagi kebutuhan Anda.

Saat ini, selain layanan asuransi kesehatan yang diberikan oleh perusahaan swasta, Anda juga bisa menggunakan layanan asuransi yang dimiliki oleh pemerintah. Harganya jauh lebih terjangkau, meskipun layanan yang diberikan tentu berbeda pula dengan ketika Anda membeli layanan asuransi kesehatan dari sebuah perusahaan swasta. Jangan lupa untuk memilih dan menggunakan layanan asuransi kesehatan yang paling tepat bagi kebutuhan Anda.

Secara garis besar, layanan asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni: asuransi rawat jalan dan juga asuransi rawat inap. Kedua jenis asuransi ini tentu memiliki manfaat dan juga jumlah premi yang berbeda, sehingga Anda wajib memilih dan membeli yang paling sesuai bagi kebutuhan Anda.

Asuransi Kendaraan viayourrockypointvacation.com

Anda memiliki kendaraan? Maka bisa dipastikan Anda juga memiliki sejumlah resiko kerugian atas hal tersebut. Untuk menghindari berbagai resiko tersebut terhadap kendaraan Anda, akan sangat tepat jika Anda menggunakan sebuah layanan asuransi pada kendaraan yang Anda miliki. Bukan hanya kehilangan saja, namun berbagai resiko kerusakan lainnya juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Asuransi kendaraan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni:

Layanan asuransi ini hanya akan menanggung sejumlah kerugian Anda jika terjadi kerusakan mencapai 70-80% pada kendaraan Anda, atau bahkan jika kendaraan tersebut hilang (bukan akibat penggelapan).

Jenis asuransi ini akan melindungi kendaraan Anda atas semua resiko yang terjadi terhadap kendaraan tersebut, tentunya disesuaikan dengan isi polis yang Anda miliki.

Namun pada kenyataannya, sebagian besar orang hanya akan menggunakan layanan ketika mereka sedang mencicil kendaraan yang mereka miliki saja, sebab layanan tersebut telah secara otomatis diikutsertakan oleh perusahaan leasing yang mereka gunakan. Lalu setelah kendaraan tersebut lunas, maka pertanggunganpun selesai dan kendaraan tersebut tidak lagi dijamin oleh asuransi. Ini jelas-jelas sangat beresiko, bukan?

Jangan anggap remeh masalah asuransi kendaraan, selalu ingat bahwa Anda mengeluarkan sejumlah uang yang sangat besar untuk membawa pulang kendaraan tersebut ke rumah Anda. Beli dan gunakan asuransi yang tepat bagi kendaraan Anda, sehingga berbagai resiko yang mungkin terjadi di kemudian hari, ditanggung oleh perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Menggunakan asuransi kendaraan, akan membuat Anda jauh lebih nyaman dan tenang pada saat mengendarai kendaraan Anda di jalan raya.

Asuransi Rumah viawww.homeinsurancequotes.tech

Rumah adalah salah satu aset paling berharga milik Anda, karena itu selalu pastikan Anda menggunakan asuransi pada aset tersebut. Di Indonesia sendiri, penggunaan asuransi rumah terbilang sangat jarang, sebab sebagian besar orang justru tidak pernah memikirkan akan hal tersebut, meskipun mereka telah memiliki sebuah rumah sejak lama.

Sementara di lain sisi, resiko kerugian yang bisa saja timbul dan Anda tanggung begitu sangat besar, terutama jika rumah Anda memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika sebuah peristiwa / musibah yang tidak diinginkan menimpa rumah Anda, maka bukan hanya bangunannya saja, tetapi seluruh benda berharga di dalamnya juga bisa saja hilang, rusak, atau bahkan lenyap. Anda tentu tidak ingin menanggung resiko yang sebesar itu, bukan?

Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan asuransi bagi rumah yang Anda miliki, namun hal ini tentu harus dibarengi dengan pemahaman yang baik mengenai layanan asuransi yang akan Anda gunakan tersebut. Khusus untuk asuransi rumah, Anda juga wajib untuk mempertimbangkan penggunaan layanan asuransi tambahan, di luar layanan standar yang diberikan oleh perusahaan asuransi, sehingga Anda mendapatkan perlindungan yang jauh lebih spesifik atas polis yang Anda gunakan.

Beberapa layanan asuransi tambahan yang sering digunakan di dalam asuransi rumah, seperti: asuransi banjir, asuransi gempa, dan juga asuransi listrik.

Asuransi Jiwa viacdn.premiumfinance-group.com

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan asuransi yang satu ini, sebab asuransi ini terbilang cukup banyak digunakan oleh orang-orang. Asuransi jiwa akan memberikan sejumlah bentuk pertanggungan terhadap ahli waris yang Anda tinggalkan, jika sewaktu-waktu Anda meninggal dunia. Tidak seorangpun tahu kapan kematian akan datang, itulah mengapa memiliki asuransi jiwa sangat penting bagi Anda, untuk menjamin kesejahteraan keluarga yang akan Anda tinggalkan.

Ada 4 jenis asuransi jiwa yang bisa Anda gunakan, yakni: asuransi jiwa berjangka (term life), asuransi jiwa seumur hidup (whole life), asuransi jiwa dengan investasi (unit link), dan juga endowment. Ketahui dengan jelas setiap jenis asuransi ini, sehingga Anda bisa menemukan satu layanan terbaik yang paling tepat.

Asuransi tentu bukan lagi sebuah hal yang baru pada pendengaran Anda, di mana hal ini akan sangat berguna dan membantu Anda melindungi berbagai hal berharga di dalam hidup ini. Namun, seberapa paham sebenarnya Anda mengenai layanan asuransi itu sendiri? Pastikan Anda memahami dengan jelas dan detail layanan asuransi yang akan Anda beli, sehingga Anda bisa mendapatkan polispaling tepat dan bermanfaat bagi kebutuhan Anda.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!