Acandra Berpeluang Jadi Presiden RI

redaksi.co.id - Acandra Berpeluang Jadi Presiden RI Pakar hukum tata negara Refly Harun mengingatkan Arcandra Tahar bisa menjadi Presiden Indonesia kelak.Pernyataan tersebut disampaikan Refly menanggapi peneguhan...

33 0

redaksi.co.id – Acandra Berpeluang Jadi Presiden RI

Pakar hukum tata negara Refly Harun mengingatkan Arcandra Tahar bisa menjadi Presiden Indonesia kelak.

Pernyataan tersebut disampaikan Refly menanggapi peneguhan kewarganegaraan Arcandra. Refly mengkritiknya lantaran mengabaikan fakta Arcandra pernah menjadi Warga Negara Asing (Amerika Serikat).

“Kalau peneguhan itu dalam perspektif Pak Menteri dia seolah olah tidak pernah kehilangan kewarganegaraan. Sehingga kalau di-teks nanti. dalam konteks menjadi presiden ke depan, dia tetap memenuhi persyaratan menjadi presiden karena dia tidak pernah menjadi warga negara lain dengan kehendaknya sendiri,” kata Refly di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Dalam pandangan Rely, Arcandra secara materil telah kehilangan status WNI karena tiga hal.

Pertama, meminta kewarganegaraan Amerika Serikat atas kehenddak sendiri, bersumpah setia kepada Amerika Serikat dan memiliki paspor Amerika Serikat.

“Itu secara substantif pasti kehilangan kewarganegaraan,” kata dia.

Refly menyarankan sebenarnya lebih tepat jika Pemerintah membuat diskresi dan memberikan kembali kewarganegaraan kepada Arcandra. Pemberian kembali kewarganegaraan tersebut menegaskan jika Arcandra pernah kehilangan status WNI.

Menurut dia, diskresi memang kebijakan yang tepat lantaran Pemerintah tidak bisa melindungi hak asasi Arcandra jika langsung mengeluarkan certificate of loss nationality.

Itu menyebabkan dia menjadi manusia yang tidak memiilki kewarganegaraan (stateless) dan itu dilarang undang-undang.

“Kalau itu dialkukan itu tidak pro HAM, tidak ada pelrindungan kita terhadap anak bangsa. Untuk kasus seperti Arcandra Tahar harus berlaku juga kepada anak bangsa lainnya yang sudah melepaskan warga negara asingnya dan kembali ke pangkuan ibu pertiwi,” tukas Refly.

Berita menarik lainnya:

Mario Teguh Hentikan Menerbitkan Status dan Meme Nasihat

Saksi Ahli Kubu Jessica tak Konsisten

Ada Perdagangan Anak di Padepokan Gatot Brajamusti?

Foto-Foto ini Bukti Kemiripan Mikha Tambayong & Kendall Jenner

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!