5 Manfaat Punya Networking Luas

redaksi.co.id - 5 Manfaat Punya Networking Luas Oy Jaliii, mau ikut gue nonton konser musik eksklusif nanti malam gak? Dono berteriak di kuping Jali sambil mengibas-ngibaskan...

69 0

redaksi.co.id – 5 Manfaat Punya Networking Luas

Oy Jaliii, mau ikut gue nonton konser musik eksklusif nanti malam gak? Dono berteriak di kuping Jali sambil mengibas-ngibaskan lembaran tiket di depan muka Jali. Widih, hebat banget lu Don, bisa dapetin tiket eksklusif itu dari mana? Gue dengar tiketnya mahal bro and udah sold out!

Jangan heran kalau Dono bisa dengan mudah dapet tiket eksklusif, itu karena Dono punya pergaulan yang luas. Dono menjalin hubungan baik sama banyak orang bro, termasuk sama Event Organizer yang menyelenggarakan acara konser tersebut.

Tuh, enak kan kalau punya networking yang luas. Kita gak pernah tahu dengan siapa kita berhubungan dan bisa ngebawa kemana sih pergaulan yang luas kayak gitu. Eits, jangan langsung berpikir ini sama artinya dengan memanfaatkan ya.

Duh bro, kerjaan aja udah menyita waktu gue, masa disuruh sibuk memperluas networking juga. Eits, jangan langsung pesimis dan apatis gitu lah.

Networking alias memperluas jaringan itu penting loh. Emang puas ya cuma kerja pergi gelap pulang gelap, yaelah monoton banget hidup lo bro. Nih, simak dulu deh manfaat networking yang luas buat kehidupan kamu:

1. Fasilitas

Kamu bisa menikmati fasilitas atau kemudahan-kemudahan yang gak semua orang bisa dapatkan loh. Gak cuma benefit kayak nonton konser eksklusif atau dapat reservasi meja restoran terkenal.

Coba deh bayangkan, semisal nih kamu jadi HRD di sebuah perusahaan yang paling gak setahun sekali sering bikin gathering. Kalau kamu punya kenalan orang-orang yang bekerja di hotel, tempat wisata atau outbond gitu kan enak.

Tinggal contact mereka saja dan minta bantuan untuk meng-arrange acara gathering perusahaan kamu. Menyingkat waktu kamu buat browsing, research atau survey dulu kan. Intinya meringankan tugas kamu deh.

Belum lagi kalau kenalan kamu itu bisa memberi bonus fasilitas tanpa biaya tambahan, wah kamu bakal dapat pujian dari atasan dan teman-teman tuh.

2. Membuka dan Menambah Wawasan

Punya networking yang luas juga sama artinya dengan membantu kita punya wawasan yang luas. Kok bisa? Bukannya zaman sekarang pakai mbah Google bisa nambah wawasan juga.

Iya sih, tapi bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda itu seru loh. Kita bisa langsung mendapat pengetahuan secara langsung dari pengalaman dan keahlian orang-orang itu.

Duduk di depan laptop seharian sambil buka mbah Google bikin kita lemah sama yang namanya interpersonal skill. Biar gimanapun, berinteraksi langsung itu memberi nilai lebih deh.

Kenal dengan banyak orang otomatis juga bakal bikin kita punya pikiran yang open mind alias terbuka sama banyak hal. Belajar menghargai perbedaan yang ada di luar sana bukan gak mungkin bikin kualitas diri jadi plus.

3. Peluang Karir dan Bisnis

Bukan gak mungkin juga dengan networking yang luas bisa ngebantu karir kita melesat bak roket peluncur loh. Kita gak pernah tahu nih dengan siapa kita akan bertemu dan berkenalan.

Semisal di sebuah pesta, kita kenalan sama seseorang yang ternyata punya posisi penting di sebuah perusahaan yang sudah lama kita incar. Sedang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan keahlian kita. Itu namanya pucuk dicinta ulam pun tiba, aih!

Tentu saja bukan nepotisme ya, kita bakalan tetap mengikuti prosedur rekrutmen yang berlaku. Tapi paling gak kita bisa bertemu dengan dan mencoba kesempatan yang ada.

Sama halnya dengan bisnis. Semisal kita sedang berencana membuka bisnis, eh ketemu deh sama seorang investor. Gak ada yang tahu namanya rezeki ya.

4. Sarana Promosi

Punya bisnis yang baru berjalan, entah produk atau jasa. Manfaatin deh networking yang luas itu sebagai salah satu sarana promosi yang efektif. Bisa dengan bagi-bagi tester produk ke teman-teman baru. Nantinya mereka bisa merekomendasikan produk kita ke teman-teman mereka yang lain.

Contoh lain, semisal punya kenalan yang bergerak di bidang advertising. Dengan hubungan network yang baik mereka bisa membantu membuatkan iklan usaha kita dengan harga yang lebih murah atau bahkan mungkin gak mau dibayar.

5. Memperluas Pergaulan

Punya networking yang luas sudah pasti bikin pergaulan kita juga makin luas. Nambah teman dan menjalin tali silaturahmi. Gak sedikit yang awalnya berhubungan untuk urusan kerja atau bisnis, berkembang jadi pertemanan.

Dengan punya teman banyak, hidup kita jadi terasa lebiih ringan karena bakal banyak support yang kita dapatkan di saat gak terduga.

Manusia kan mahluk sosial, gak bisa hidup sendiri. Akan selalu butuh bantuan dari orang lain.

Jangan ragu atau malu, modal awal bikin networking makin luas adalah bergaul dan kenal dengan banyak orang.

So, gimana? Masih mempertanyakan manfaat yang bisa didapat dari memiliki networking yang luas?

Banyak-banyak cari tahu deh bagaimana memperluas networking kamu. Caranya bisa dengan aktif di media sosial atau eksis di komunitas tertentu yang menarik minat kamu. Jangan pernah berhenti belajar tentang banyak hal di luar sana .

Ingat ya, networking alas pergaulan yang luas di sini pastinya dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif dan membuat kehidupan kita lebih baik. Bukan buat macam-macam atau kesenangan sesaat yang menjerumuskan. Ayo, tunggu apa lagi!

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!