Ikut Tax Amnesty, Tommy Soeharto Senyum

82

redaksi.co.id – Ikut Tax Amnesty, Tommy Soeharto Senyum

Putra Presiden Republik Indonesia ke-2 Soeharto, Hutomo Mandala Putra, melaporkan hartanya melalui program pengampunan pajak atau tax amnesty hari ini, Kamis, 15 September 2016.

Hutomo yang akrab disapa Tommy tersebut tiba di Kantor Wilayah Wajib Pajak Besar, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.45 WIB. Saat dicegat wartawan di depan KPP Wajib Pajak Besar, Tommy yang mengenakan kemeja batik berwarna coklat itu hanya menebarkan senyumnya. Tommy pun hanya menjawab singkat saat wartawan menanyakan maksud kedatangannya ke KPP Wajib Pajak Besar.

“Nanti saja ya setelah ini,” kata Tommy yang dijaga ketat oleh para ajudannya tersebut. Sebelum Tommy, beberapa pengusaha juga telah mengikuti program tax amnesty yang diberlakukan sejak Juli lalu ini. Mereka juga membuat pernyataan publik setelah melaporkan hartanya. Mereka adalah pemilik Grup Lippo, James Riady, pemilik Grup Gemala, Sofjan Wanandi, serta Thohir bersaudara, yakni Erick Thohir dan Garibaldi ‘Boy’ Thohir.

Program tax amnesty sendiri telah berlangsung selama hampir dua bulan sejak pertama kali digulirkan. Undang-Undang Tax Amnesty disahkan pada 19 Juli lalu. Dari program tax amnesty tersebut, pemerintah menargetkan penerimaan negara sebesar Rp 165 triliun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2016.

Hingga hari ini, uang tebusan yang masuk dari program tax amnesty telah mencapai Rp 11,23 triliun atau 6,8 persen dari target. Jumlah uang tebusan tersebut berasal dari deklarasi dalam negeri, deklarasi luar negeri, sekaligus repatriasi harta yang saat ini telah mencapai Rp 482,61 triliun dari 59.567 surat pernyataan yang tercatat di Direktorat Jenderal Pajak.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!