Awas, Lakukan 6 Hal Ini Bisa Buat Anak Tak Akan Sukses

redaksi.co.id - Awas, Lakukan 6 Hal Ini Bisa Buat Anak Tak Akan Sukses Menjadi orang tua bukanlah merupakan pekerjaan mudah. Walau begitu, setiap orang tua pasti...

18 0

redaksi.co.id – Awas, Lakukan 6 Hal Ini Bisa Buat Anak Tak Akan Sukses

Menjadi orang tua bukanlah merupakan pekerjaan mudah. Walau begitu, setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi seseorang yang sukses.

Banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan anak di masa mendatang. Cara orang tua membesarkan bisa menjadi pengaruh besar bagi tumbuh kembang anak nantinya.

Ada beberapa kebiasaan orang tua yang bisa berpengaruh negatif pada anak. Melansir Business Insider, Kamis (15/9/2016) berikut ulasannya:

1. Tidak membuat anak jadi mandiri

Membuat anak menjadi seorang yang mandiri merupakan tugas yang penting bagi para orang tua. Mereka yang tidak melakukan hal ini justru bisa membuat sang anak sulit memiliki kepercayaan diri. Mereka selalu membutuhkan orang lain dalam mengerjakan sesuatu.

2. Suka berteriak

Penelitian tahun 2013 dari University of Pittsburgh mengatakan, senang berteriak pada anak bisa membuat mereka sulit mendapat tumbuh kembang yang baik. Hal ini juga bisa membuat sang anak mudah depresi.

3. Terlalu mengontrol

Orang tua yang terlalu mengontrol juga dapat memberikan efek buruk pada anak. Hal ini dapat menimbulkan depresi pada anak. Anak yang dibesarkan dengan cara ini pun akan sulit puas dengan hidup yang dijalaninya.

4. Mengizinkan terlalu banyak menonton TV

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics pada tahun 2007 mengemukakan bahwa anak yang terlalu sering menonton tv akan memiliki tendensi untuk mengintimidasi orang lain.

Menonton televisi secara berlebihan juga menimbulkan masalah perhatian serta gangguan kemampuan membaca dan matematika

5. Suka bermain gadget di dekat anak

Apabila Anda ingin anak Anda sukses di masa depan, maka hindarilah bermain gadget di dekat mereka. Orang tua yang senang bermain gadget di dekat anak akan memberikan efek negatif pada tumbuh kembang mereka nantinya. Gadget akan memberikan distraksi besar bagi para orang tua. Alhasil fokus mereka pun terbagi ketika sedang bersama anak.

6. Tidak disiplin jadwalkan waktu tidur

Waktu tidur ternyata memberikan pengaruh besar bagi perkembangan perilaku sang anak. Anak yang tidak memiliki waktu tidur teratur ternyata akan memiliki permasalahan lebih banyak seperti menjadi hiperaktif dan sulit mengontrol emosi. Selain itu, waktu tidur yang tidak teratur juga bisa memberi efek pada otak yang sedang berkembang.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!