Fitur Facebook Messenger Ini Belum Pernah Dipublikasikan

redaksi.co.id - Fitur Facebook Messenger Ini Belum Pernah Dipublikasikan Aplikasi percakapan online Facebook Messenger ternyata mempunyai satu fitur percakapan publik yang belum pernah dirilis. Fitur percakapan...

36 0

redaksi.co.id – Fitur Facebook Messenger Ini Belum Pernah Dipublikasikan

Aplikasi percakapan online Facebook Messenger ternyata mempunyai satu fitur percakapan publik yang belum pernah dirilis. Fitur percakapan ini memungkinkan sebuah chatting diikuti oleh banyak orang dalam sebuah grup.

Fitur bernama Room ini memungkinkan seorang pengguna Facebook Messenger membuat percakapan grup yang terdiri dari beragam orang. Room bisa diisi oleh siapapun yang memiliki aplikasi Facebook Messenger. Peserta percakapan grup bahkan tidak harus saling berteman di media sosial Facebook, seperti dilansir melalui techcrunch.com , Kamis 15 September 2016.

Para pengguna bisa menentukan topik tertentu untuk sebuah jendela percakapan. Pengguna bahkan bisa membuka ruang percakapan baru dengan topik lainnya. Facebook juga menyediakan sebuah link di setiap jendela percakapan agar setiap pengguna bisa membagikan link tersebut kepada orang lain. Link ini berfungsi sebagai cara untuk mengundang atau mengajak seorang pengguna Facebook Messenger bergabung dalam percakapan.

Fitur ini membuat para pengguna bisa terhubung dan membuat percakapan berdasarkan minat dan hobi mereka. Fitur Room juga menyediakan pilihan moderasi untuk menyetujui anggota percakapan baru masuk dalam jendela percakapan. Room dapat ditemukan pada aplikasi Facebook Messenger untuk perangkat bersistem operasi iOS.

Fitur ini terkubur di antara source code dalam aplikasi, dengan beberapa penjelasan mengenai cara kerjanya. Room ditemukan oleh salah seorang pengembang aplikasi bernama Chris Messina. Saat TechCrunch mencoba mengkonfirmasi Facebook, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini, enggan memberi komentar apapun dan menganggap informasi tersebut hanyalah spekulasi media.

Namun setelah diperlihatkan potongan gambar yang dimiliki TechCrunch tentang fitur ini, Facebook akhirnya mau memberikan tanggapan. Kami seringkali melakukan tes kecil, tapi tak ada keterangan lain mengenai fitur tersebut. Berdasarkan informasi yang ada, Facebook memang pernah memiliki sebuah aplikasi terpisah dengan nama Room. Aplikasi ini serupa dengan fitur yang tersedia didalam kode Facebook Messenger.

Pengguna bisa membuat percakapan berdasarkan topik yang mereka tentukan. Pengguna juga bisa saling berbagi foto, video dan notes dalam layanan ini. Bahkan untuk mengundang seseoran bergabung, pengguna bisa mengundang secara online ataupun offline.

Salah satu kelebihan lainnya aplikasi bernama Room adalah pengguna bisa menggunakan nama samaran dan atau mengganti nama panggilan di setiap jendela percakapan, sehingga identitas pengguna tidak harus dibuka.

Sayangnya aplikasi bernama Room ini hanya bertahan selama satu tahun. Setelah diluncurkan tahun 2014, Facebook memutuskan untuk menghapus Room dari App Store pada tahun 2015. TECHCRUNCH | MAYA NAWANGWULAN

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!