Australia Kembalikan Artefak Bermasalah ke India

redaksi.co.id - Australia Kembalikan Artefak Bermasalah ke India Galeri Nasional Australia (NGA) mengembalikan sejumlah koleksi seni yang bermasalah ke India. Menteri Seni Australia Mitch Fifield menyerahkan...

15 0

redaksi.co.id – Australia Kembalikan Artefak Bermasalah ke India

Galeri Nasional Australia (NGA) mengembalikan sejumlah koleksi seni yang bermasalah ke India. Menteri Seni Australia Mitch Fifield menyerahkan langsung benda-benda tersebut kepada Menteri Seni India Mahesh Sharma dalam sebuah upacara.

Artefak antik senilai lebih dari dua juta dolar AS itu memiliki status kepemilikan dipertanyakan. Beberapa peninggalan tersebut ialah patung batu antik Dewi Pratyangira dan ukiran batu Worshippers of the Buddha dari abad ketiga yang dibeli pada tahun 2005 serta sejumlah koleksi kuno lain.

Pengembalian artefak bermula dari kajian independen awal tahun yang dilakukan terhadap benda seni Asia yang diakuisisi NGA selama periode 1968 sampai 2013. Laporan menyebutkan 22 dari 36 koleksi seni memiliki sejarah kepemilikan yang dipertanyakan, dengan 11 di antaranya dianggap “sangat bermasalah”.

Review oleh mantan hakim pengadilan tinggi Susan Crennan itu bahkan menduga beberapa koleksi merupakan barang curian. Dokumentasi yang ia himpun sangat meragukan karena tidak ada kepastian tentang kapan dan dalam keadaan apa objek diekspor dari negara asalnya.

Kajian ini menemukan bahwa 14 dari 22 objek yang dipertanyakan itu dibeli dari dealer seni Art of the Past milik Subhash Kapoor. Padahal, Kapoor telah diekstradisi ke India pada tahun 2011 karena tuduhan skandal penjarahan jutaan dolar.

“Bukti-bukti ini membuat NGA tidak dapat secara legal atau etis mempertahankan karya-karya ini. Mengembalikan semuanya ke India tidak diragukan lagi adalah hal yang benar untuk dilakukan,” kata direktur NGA Gerard Vaughan.

Vaughan menyatakan telah bekerja sama dengan Survei Arkeologi India dan perwakilan pemerintah India di Australia untuk mengambil keputusan terbaik itu. Komisaris Tinggi India untuk Australia, Navdeep Suri, menyambut dengan gembira kembalinya artefak dan memuji tindakan NGA dalam menangani masalah tersebut.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!