6 Uang Logam Terunik Sepanjang Masa

redaksi.co.id - 6 Uang Logam Terunik Sepanjang Masa Uang dipergunakan masyarakat sebagai alat tukar agar proses jual beli bisa berlangsung dengan lebih mudah. Dalam perkembangannya, pemerintah...

16 0

redaksi.co.id – 6 Uang Logam Terunik Sepanjang Masa

Uang dipergunakan masyarakat sebagai alat tukar agar proses jual beli bisa berlangsung dengan lebih mudah. Dalam perkembangannya, pemerintah suatu negara biasanya mencetak uang dalam dua bentuk, yaitu bentuk kertas dan logam.

Dari beberapa uang logam yang pernah diedarkan di dunia, ada diantaranya yang masuk dalam kategori unik. Rata-rata dari uang logam ini sengaja dibuat untuk memperingati momen tertentu.

Berikut ulasannya seperti dilansir dalam listverse.com, Senin (19/9/2016):

1. Silver Thaler Of Leopold I Holy Roman Empire (1696)

Desain logam ini dianggap menarik karena menggunakan wajah pemimpin kekaisaran Roma Leopold I dalam desainnya. Semasa hidup, Leopold dianggap kurang beruntung karena kelainan genetik yang dimilikinya.

Alhasil dia pun memiliki bentuk dagu yang berbeda dari orang kebanyakan. Beberapa kolektor koin menyebut desain uang ini sebagai koin terjelek di dunia.

2. Uang Logam lumba-lumba Kaum Olbia (500-300 SM)

Uang logam ini berbentuk sangat unik. Uang ini dipakai oleh warga Olbia pada masa 500-300 sebelum masehi. Olbia merupakan daerah utara laut hitam yang kini berubah menjadi negara Bulgaria dan Ukraina.

Warga Olbia menganggap lumba-lumba laut hitam sebagai hewan sakral sehingga mereka pun membentuk uang yang mereka gunakan dalam bentuk lumba-lumba.

3. Uang Pisau Dinasti Zhou China (600 – 200 SM)

Uang bentuk ini digunakan oleh Dinasti Zhou di China pada 600-200 sebelum masehi. Uang pisau dipergunakan di beberapa lokasi dan dikenal dengan berbagai sebutan.

Masyarakat Dinasti Zhou membuat uang jenis ini dengan bentuk yang beragam, namun biasanya bentuk uang ini selalu terdiri dari pegangan, pisau, dan biasanya sebuah lubang di dasar pegangan.

4. The Stella (1879 – 1880)

Di 1865, beberapa negara Eropa kala itu setuju untuk bersatu dan membentu Latin Monetary Union (LMU) agar stabilitas ekonomi dan politik negara Eropa bisa semakin baik. Mereka pun menerbitkan pecahan baru agar perekonomian bisa terjaga.

Melihat hal ini, Amerika Serikat juga tidak ingin tertinggal dari negara Eropa. Di 1879, Amerika Serikat pun menerbitkan uang logam bernama The Stella yang nilainya setara dengan pecahan mata uang di bawah Latin Monetary Union (LMU).

5. Uang Sekop Dinasti Zhou China (1122 – 500 SM)

Tidak semua uang logam memiliki desain seperti sekarang ini. Selain uang pisau, dinasti Zhou juga pernah mengeluarkan desain uang logam berbentuk sekop.

Uang bentuk ini digunakan pada tahun 1122 hingga 500 sebeum masehi. Uang berbentuk sekop menjadi uang standar dalam beberapa abad untuk beberapa kerajaan di China.

6. 50 Centavos Kolombia (1921)

Pada 1921, wabah penyakit kista menjangkit wilayah Kolombia. Untuk menghindari penyebaran penyakit semakin meluas maka pemerintah pun mengkarantina orang-orang yang terjangkit penyakir tersebut.

Pemerintah Kolombia pun mengedarkan uang logam Centavos yang berfungsi sebagai alat pembayaran di dalam wilayah karantina. (Vna/Ndw)

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!