Misteri Hati Pluto, Ini Penjelasan Ahli

redaksi.co.id - Misteri Hati Pluto, Ini Penjelasan Ahli Bentuk hati yang agak terang dan besar dengan sebagian besar es nitrogen terlihat di Pluto pada bulan Juli...

29 0

redaksi.co.id – Misteri Hati Pluto, Ini Penjelasan Ahli

Bentuk hati yang agak terang dan besar dengan sebagian besar es nitrogen terlihat di Pluto pada bulan Juli 2015, ketika pesawat ruang angkasa NASA New Horizons mengambil gambar yang kini populer itu.

Hati sepanjang 1.200 mil (1.931 km) itu bernama Tombaugh Regio, mengambil nama Clyde Tombaugh, seorang astronom Amerika yang menemukan Pluto pada tahun 1930. NASA mencatat musim panas lalu bahwa “hati itu membatasi medan khatulistiwa lebih gelap, dan medan berbintik-bintik di timurnya (kanan) yang kompleks.

Namun, meski pada resolusi ini, banyak dari interior hati itu tampak sangat menarik sekali, yang kemungkin merupakan tanda proses geologi yang sedang berlangsung. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature menggali lebih dalam proses-proses tersebut.

Para peneliti melakukan simulasi pelacakan 50.000 tahun, ke masa lalu dan masa depan, untuk melihat apa yang membentuk simbol es itu dan bagaimana kemungkinan berubahnya.

“Kami menemukan bahwa bentuk hati itu adalah diciptakan oleh es nitrogen yang sangat volatile yang tak terhindarkan terakumulasi dalam wadah dan membentuk reservoir permanen es, seperti yang diamati oleh New Horizons,” kata penulis studi Tanguy Bertrand kepada Researchgate .

Sementara memang ada cekungan es dalam di permukaan itu, penelitian membantah teori lain, yang menyatakan bahwa reservoir es nitrogen ada di suatu tempat yang jauh di bawah permukaan planet kerdil ini. Tapi ada sesuatu yang aneh, terkait bentuk hati ini. Bertrand mengatakan kepada Gizmodo bahwa gletser besar yang membentuk hati akan berubah bentuk dengan perjalanan waktu, membesar dan menyusut. CNET | ERWIN Z

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!