Sri Mulyani: Dana WNI di Singapura Capai Rp 2.600 Triliun

redaksi.co.id - Sri Mulyani: Dana WNI di Singapura Capai Rp 2.600 Triliun Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan dana warga negara Indonesia yang disimpan di luar negeri...

17 0

redaksi.co.id – Sri Mulyani: Dana WNI di Singapura Capai Rp 2.600 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan dana warga negara Indonesia yang disimpan di luar negeri mencapai Rp 3.250 triliun, dimana sebagian besar tersimpan di negara-negara surga pajak.

“Banyak wajib pajak yang menempatkan asetnya sebagai tax haven, dari 250 miliar dolar AS atau Rp 3.250 triliun kekayaan orang ditempatkan di luar negeri, Rp 2.600 triliun ada di Singapura,” ujar Sri Mulyani pada Persidangan Uji Materiil UU Pengampunan Pajak di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Dana-dana tersebut banyak disimpan oleh wajib pajak dalam bentuk deposito, properti, saham dan lain-lainnya, dimana di sektor properti mencapai Rp 560 triliun.

“Kemudian Rp 1.950 triliun dalam bentuk deposito, surat berharga atau saham,” ucapnya.

Menurutnya, data ini belum termasuk data dari turisdiksi lainnya seperti swiss, panama dan negara tax haven lainnya, sehingga jika ditotalkan jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan data yang ada.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah berupaya mendorong para wajib pajak untuk membawa uangnya ke Indonesia melalui program pengampunan pajak yang akan berakhir pada Maret 2017.

“Sasaran utama pengampunan pajak itu dana-dana yang di luar negeri,” ucapnya.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!