Rupiah Desain Baru Segera Meluncur, Ini Kata Pengusaha

redaksi.co.id - Rupiah Desain Baru Segera Meluncur, Ini Kata Pengusaha Bank Indonesia (BI) akan segera meluncurkan desainuang rupiah baru bergambar 11 pahlawan di uang kertas maupun...

36 0

redaksi.co.id – Rupiah Desain Baru Segera Meluncur, Ini Kata Pengusaha

Bank Indonesia (BI) akan segera meluncurkan desainuang rupiah baru bergambar 11 pahlawan di uang kertas maupun uang logam. Wajah anyar dari mata uang Garuda dianggap belum penting untuk Indonesia saat kondisi perekonomian, khususnya fiskal sedang sulit.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani mengatakan, desain baru rupiah dan redenominasi (penyederhanaan nominal mata uang) memang positif, namun belum terlalu mendesak untuk diterbitkan tahun ini.

“Menurut saya masih banyak yang lebih penting dari sekadar desain baru uang dan redenominasi. Bukan skala prioritas sekarang ini,” ujar dia saat ditemui di acara Rakornas Bidang Perindustrian dan Perdagangan Kadin Indonesia, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy N. Mande menilai desain mata uang seharusnya tidak selalu diidentikkan dengan tokoh atau pahlawan meskipun dengan tujuan baik.”Jadi di satu sisi gambar pahlawan boleh, tapi di sisi lain misalnya gambar yang berbau dengan teknologi internet atau e-commerce karena eranya menuju ke sana. Bukan juga melulu gambar pemandangan atau pariwisata,” jelas dia.

Roy menyarankan, BI perlu meningkatkan kualitas dariuang rupiah terutama dari segi keamanan. Supaya tidak mudah digandakan atau dipalsukan.

Penambahan unsur keamanan pada uang rupiah harus melibatkan pakar teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi informasi. “Itu yang paling penting supaya tidak mudah dipalsukan,” ujar Roy.

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!