Kanselir Jerman Akui Partainya Kalah di Pemilihan di Berlin

redaksi.co.id - Kanselir Jerman Akui Partainya Kalah di Pemilihan di Berlin Kanselir Jerman Angela Merkel telah menerima tanggung jawab terkait partai yang dipimpinnya Partai Kristen Demokrat,...

12 0

redaksi.co.id – Kanselir Jerman Akui Partainya Kalah di Pemilihan di Berlin

Kanselir Jerman Angela Merkel telah menerima tanggung jawab terkait partai yang dipimpinnya Partai Kristen Demokrat, CDU kalah dalam pemilihan daerah di ibu kota negara itu, Berlin.

Dia menyuarakan penyesalannya atas kesalahannya yang ikut berkontribusi dalam pemilihan daerah di Berlin yaitu terkait penanganan krisis migran musim beberapa waktu lalu di Jerman. Lebih dari satu juta migran tiba Jerman dan ini menjadi rekor.

“Jika saya bisa, saya akan memutar kembali waktu selama bertahun-tahun, untuk mempersiapkannya lebih baik,” katanya kepada wartawan seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (19/9).

Popularitas Merkel menurun belakangan ini sejak keputusannya untuk menerima lebih dari satu juta pengungsi masuk ke Jerman tahun lalu. Kebijakannya ini banyak mendapat kritik.

CDU hanya meraih 17,6 persen suara, yang merupakan hasil terburuknya dalam pemilihan di Berlin sepanjang sejarah.

Sementara Partai Sosial Demokrat, SPD, meraih perlolehan suara terbesar dengan 22 persen walau kehilangan sekitar 7 persen suara dibanding hasil sebelumnya.

Sementara partai sayap kanan AFD akan memasuki parlemen negara Berlin utuk pertama kalinya dengan 14 persen suara.

AFD sekarang mewakili di 10 dari 16 parlemen daerah Jerman. Sebelumnya CDU berada di tempat ketiga di bawah Partai AFD di negara bagian Mecklenburg-Western Pomerania awal bulan ini.

Pemilihan di Berlin, dilakukan Ahad (18/9) kemarin. Berlin menjadi kota dengan populasi 3,5 juta orang, didominasi oleh isu-isu termasuk pelayanan publik yang buruk, bangunan sekolah runtuh, kereta terlambat dan kekurangan perumahan, serta masalah dalam menghadapi masuknya migran.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!