Ini Penampakan Uang Kertas Pertama di Dunia

redaksi.co.id - Ini Penampakan Uang Kertas Pertama di Dunia Keberadaan uang di dunia telah ada bahkan sebelum jaman masehi. Pada awalnya, manusia banyak menggunakan teknik barter...

17 0

redaksi.co.id – Ini Penampakan Uang Kertas Pertama di Dunia

Keberadaan uang di dunia telah ada bahkan sebelum jaman masehi. Pada awalnya, manusia banyak menggunakan teknik barter atau bertukar untuk mendapat kebutuhan yang diinginkan. Pada akhirnya, diciptakanlah uang agar proses jual beli bisa berlangsung dengan mudah.

Bentuk uang yang kini beredar di masyarakat terdiri dari bentuk kertas dan logam. Namun tahukah Anda bagaimana wujud uang kertas pertama di dunia?

Melansir laman time.com, Selasa (20/9/2016), uang kertas pertama kali dipakai oleh bangsa China Mereka mulai membawa uang kertas selama pemerintahan Dinasti Tang di tahun 618-907.

Selama kurun waktu tersebut, kebutuhan akan uang logam semakin besar akibat meningkatnya kebutuhan masyarakat. Namun karena uang logam ini sulit untuk dibawa dalam jumlah besar, orang China pun menerima kertas sebagai bentuk kredit.

Alhasil, kebiasaan mereka pun berubah. Di abad keenam, akhirnya orang China menggunakan kertas sebagai uang atau alat pembayaran.

Pada akhir periode dinasti Tang, pedagang banyak yang menyimpan harta yang dimiliki. Sebagai gantinya, mereka menerima catatan jumlah kekayaannya yang mereka sebut dengan Hequan. Hequan inilah yang kemudian berkembang menjadi uang kertas dari masa ke masa.

Masyarakat China telah mulai untuk mempergunakan uang kertas selama 5 abad sebelum bangsa Eropa mengadaptasinya di abad ke-17. Saat penggunaan uang kertas sudah semakin dikenal oleh masyarakat dunia, bangsa China justru mengalami krisis keuangan yang cukup besar.

Produksi uang kertas mereka sangatlah banyak hingga nilai uang menurun drastis dan mendorong inflasi yang tinggi. Akibatnya China pun tidak menggunakan uang kertas lagi pada tahun 1455 sampai kembali mengadopsinya selama beberapa ratus tahun setelahnya. (Vna/Ndw)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!