Erdogan: AS Seharusnya Tak Melindungi Fethullan Gulen

redaksi.co.id - Erdogan: AS Seharusnya Tak Melindungi Fethullan Gulen Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganmelontarkan kritikan keras terhadap Amerika Serikat. Erdogan diketahui baru saja lolos dari upaya...

13 0

redaksi.co.id – Erdogan: AS Seharusnya Tak Melindungi Fethullan Gulen

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganmelontarkan kritikan keras terhadap Amerika Serikat. Erdogan diketahui baru saja lolos dari upaya kudeta pada Juli lalu.

Menurut pemimpin Partai AKP tersebut, AS telah melakukan hal tak pantas. Yaitu melindungi individu yang diduga sebagai otak kudeta, Fethullah Gulen.

“AS seharusnya tidak memberikan perlindungan bagi teroris seperti Gullen,” ucap Erdoganseperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2016).

Ia menegaskan sama sekali tak ada alasan tepat bagi AS, untuk tetap membiarkan Gullen. Sebab, di Negeri Paman Sam, ulama tersebut diduga mengumpulkan anggota untuk melawan Pemerintah Turki saat ini.

“Jika AS adalah sekutu strategis kami dan rekan NATO kami, tidak mungkin mereka membiarkan Gullen dan organisasinya berjalan,” papar dia.

Selain soal Gullen, Erdoganjuga angkat bicara terkait kondisi terkini negaranya. Dia menegaskan, status darurat selama tiga bulan akan diperpanjang oleh parlemen.

“Bisa diperpanjang selama tiga bulan ke depan atau sebulan, tapi semua itu diserahkan kepada parlemen kami,” sebutnya.

Gullen sendiri, sudah tinggal di AS sejak 1999. Ia berada jauh dari negaranya karena diasingkan Pemerintah Turki atas alasan politik.

Terkait kudeta yang terjadi di Turki, Gullen menegaskan sama sekali tidak terlibat. Tuduhan yang dialamatkan kepadanya, ia anggap sebagai fitnah.

AS pun bukanya tak mau mendengar permintaan Turki. Negara tersebut menyatakan siap mengekstradisi Gullen jika bukti-bukti keterlibatan pria tersebut dalam kudeta kuat.

(red/ris/ahyudianto/AW)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!