5 Stadion Unik di Dunia, Ada yang Mirip Buaya Tidur

redaksi.co.id - 5 Stadion Unik di Dunia, Ada yang Mirip Buaya Tidur Stadion merupakan unsur terpenting dalam permainan sepak bola yang di dalamnya terdapat lapangan atau...

42 0

redaksi.co.id – 5 Stadion Unik di Dunia, Ada yang Mirip Buaya Tidur

Stadion merupakan unsur terpenting dalam permainan sepak bola yang di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.

Sudah banyak stadion megah berdiri di dunia, seperti Old Trafford Stadium, kandang Manchester United atau Camp Nou Stadium yang merupakan markas Barcelona.

Tidak hanya stadion megah, di berbagai penjuru dunia ada gelanggang olahraga yang sangat unik. Apa saja itu?

Timsah Arena

Klub asal Turki, Bursaspor punya stadion yang sangat unik, yakni Timsah Arena. Stadion ini diciptakan pada 2010, ketika mereka berhasil memenangkan kompetisi domestik pertamanya.

Timsah Arena bisa disebut dengan stadion buaya. Sebab, bila dilihat dari atas, stadion ini tampak seperti buaya yang sedang beristirahat.

Stadion ini juga memiliki dua pilar yang menjulang tinggi di sisi sebelah timur. Selain unik, Timsah Arena bisa menampung banyak penonton hingga lebih dari 43 ribu.

Sapporo Dome

Jepang terkenal sebagai negara yang penuh kreativitas. Tidak hanya jago menciptakan mobil atau tokoh kartun, Jepang juga bisa membuat salah satu stadion tercanggih di dunia.

Sappore Dome, stadion sepak bola yang terletak di Sapporo City mempunyai teknologi yang sangat canggih. Stadion yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton itu memiliki sliding-floor.

Dengan adanya sliding-floor, Sapporo Dome juga bisa digunakan untuk bermain baseball. Sliding-floor ini akan menutupi rumput stadion dan menjaganya tetap segar.

Mmabatho Stadium

Meski Afrika Selatan merupakan salah satu negara berkembang, mereka punya stadion yang sangat unik. Desain Mmabatho Stadium berbeda dengan arena lainnya.

Dibangun pada 1981 oleh perusahaan arsitektur Rusia, Mmabatho Stadium memiliki bentuk seperti berlian. Tribun penontonnya berdiri pada sudut 45 derajat dari setiap sisi lapangan.

Tribun penonton ini terpisah dan bisa terlhat seperti bangunan Ikea furniture. Mmabatho Stadium bisa menampung 59 ribu penonton setiap kali menggelar sebuah pertandingan.

Cape Town Stadium

Selain Mmbatho Stadium, Afrika Selatan juga punya stadion unik lainnya, yakni Cape Town Stadium. Arena ini dibangun pada 26 Maret 2007 untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 2010.

Cape Town Stadium dibangun dengan uang sebanyak 600 juta US Dollar. Selain karena ukurannya yang mampu menampung 64.000 penikmat bola, stadion ini juga dikenal karena lokasinya yang indah di tepi laut.

Stadion megah ini dibangun oleh konstruktor ternama dunia, Murray & Roberts. Sejauh ini, Cape Town Stadium menjadi markas tiga tim Afrika Selatan, yakni Ajax Cape Town FC, South Africa Sevens, dan Cape Town City FC.

Igraliste Batarija

Stadium Trogir atau Igraliste Batarija merupakan arena sepak bola yang sangat unik. Stadion ini diapit di antara dua bangunan abad ke-15 yang sangat bersejarah dan dilindungi. Pada salah satu sisi lapangan terdapat Benteng Kamerlengo, yang dibangun orang-orang Venesia.

Di sisi lainnya berdiri Menara St.Marco, sebuah menara bergaya Renaisans. Ada cara terbaik untuk menonton pertandingan di stadion ini, yakni dengan berdiri di tembok pembatas benteng.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!