Setelah 13 Tahun, Cina Cabut Larangan Impor Sapi Kanada

redaksi.co.id - Setelah 13 Tahun, Cina Cabut Larangan Impor Sapi Kanada Pemerintah Cina telah menghentikan larangan impor beberapa jenis sapi asal Kanada. Keputusan ini mengakhiri 13...

20 0

redaksi.co.id – Setelah 13 Tahun, Cina Cabut Larangan Impor Sapi Kanada

Pemerintah Cina telah menghentikan larangan impor beberapa jenis sapi asal Kanada. Keputusan ini mengakhiri 13 tahun larangan impor yang membatasi peternak mengakses pasar luar negeri yang dinilai penting.

Penghentian larangan ini diputuskan oleh otoritas pertanian Cina pada 19 September 2016, dua hari menjelang kedatangan Perdana Menteri Cina Li Keqiang di Kanada dalam pertemuan tingkat tinggi.

Dilansir dari The Globe and Mail, Kamis (22/9), dengan keputusan ini, Cina akan mengizinkan penjualan tulang dan daging sapi asal Kanada di bawah usia 30 bulan. Kendati demikian, masih belum jelas larangan apa saja yang masih akan diberlakukan, sebab langkah-langkah pemeriksaan dan karantina juga masih harus dikembangkan.

Cina selama ini telah melakukan larangan secara ketat terhadap ekspor sapi asal Kanada menyusul ditemukannya penyakit Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) atau yang dikenal sebagai penyakit sapi gila di peternakan Kanada pada 2003. Cina pun kemudian membuka impor daging sapi tanpa tulang asal Kanada di bawah usia 30 bulan pada 2010.

Industri ternak Kanada memperkirakan pembukaan akses impor tulang daging sapi di bawah usia 30 bulan akan meningkatkan penjualan Cina hingga 240 juta dolar AS per tahun. Impor Cina atas produk Kanada senilai 25 juta dolar AS pada 2013. Konsumsi daging sapi global Cina pun mencapai sekitar 13 persen.

Pada awal pekan ini, PM Cina Li dilaporkan berjanji juga akan mengakhiri larangan de facto impor daging sapi dari peternak di Amerika Serikat.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!