SD Card Memori Ini Mengalahkan Storage Laptop

redaksi.co.id - SD Card Memori Ini Mengalahkan Storage Laptop Masih ingat bentuk perangkat keras penyimpanan di masa lampau? Dimulai dari disket, CD R, DVD R/RW, Flashdisk,...

11 0

redaksi.co.id – SD Card Memori Ini Mengalahkan Storage Laptop

Masih ingat bentuk perangkat keras penyimpanan di masa lampau? Dimulai dari disket, CD R, DVD R/RW, Flashdisk, hard-disk eksternal, hingga berbentuk memory card dan SD card.

Namun siapa sangka dengan bentuknya yang super kecil SD Card penyimpanan SanDisk memiliki kapasitas hingga 1TB. Bahkan jumlah tersebut mengalahkan internal memory dari sebuah notebook super canggih.

Laman Theverge.com Rabu (21/9) mengabarkan, SanDisk tengah membuat sebuah prototipe terbaru kartu penyimpanan tambahan untuk perangkat mobile. Dengan kapasitasnya yang mencapai 1 Terabyte, kartu tersebut diberi nama SDXC.

Saat ini kartu penyimpanan tersebut memang masih dalam bentuk prototipe. SanDisk juga enggan menyebutkan secara pasti waktu peluncuran. Namun bisa dipastikan keberadaannya tidak akan lama lagi muncul bahkan lengkap dengan harga.

Selalu mengeluarkan inovasi terbaru untuk ruang penyimpanan memang bukan hal mengejutkan dari SanDisk. Dulu, SanDisk menjadi pionir menciptakan SD Card berkapasitas 64MB. Hanya berselang dua tahun saja, SanDisk sudah meningkatkan ruang menjadi 512GB. Inovasi tersebut bahkan disebut sebagai pergerakan tercepat dari kartu penyimpanan. Kini dengan SDXC berkapasitas 1TB, SanDisk bisa menyimpan data hingga 15,625 kali waktu penyimpanan.

Pihak perusahaan menjelaskan, 1TB SDXC mampu menyimpan data dalam jumlah banyak dan konten besar. Beberapa jenis data tingkat tinggi bisa disimpan, termasuk formak 4K, 8K footage, 360 degree video, dan Virtual Reality (VR).

Namun dibalik sisi spektakuler, pengguna akan menemukam kelemahan. Di antaranya, kartu sanggup menyimpan file resolusi tinggi sehingga proses pembacaan data akan memakan waktu cukup lama.

Dengan kapasitasnya yang sangat besar, pengguna akan menggunakan satu kartu saja untuk menyimpan seluruh data sehingga nyaris no-backup data. Yang paling penting, nampaknya SDXC juga tak nyaman dikantong.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!