NASA Bakal Ungkap Identitas Bulan Milik Planet Jupiter

259

redaksi.co.id – NASA Bakal Ungkap Identitas Bulan Milik Planet Jupiter

NASA akan menghelat konferensi pers khusus terkait kehidupan Planet Jupiterkhususnya bulan yang mengelilingi planet tersebut, Europa, pada Senin, 26 September 2016 mendatang.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Mirror pada Jumat (23/9/2016), Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut akan mengupas tuntas soal ekosistem Europa yang diyakini memiliki tanda-tanda layak huni.

Bulan yang juga tengah diamati dari teleskop Hubble ini diyakini memiliki danau raksasa.

Berdasarkan laporan NASA Jet Propulsion Laboratory, kandungan komposisi kimia yang terkandung di samudera Europa diyakini serupa dengan kandungan air yang ada di Bumi.

“Para astronom akan mempresentasikan hasil pengamatan Europa selama ini. Kami jamin hasil presentasi tersebut akan membuka celah bagi para ilmuwan untuk lebih lanjut meneliti apakah Europa memiliki ekosistem serupa dengan Bumi,” kata NASA dalam keterangan tertulis.

Selain danau dan komposisi kimia, Europa ternyata juga memiliki oksigen yang kandungannya mirip dengan yang ada di Bumi. Bahkan, kandungan oksigen tersebut melebihi produksi hidrogen sebanyak 10 kali.

Kesamaan proporsi ini tentu membuat para ilmuwan semakin optimistis bahwa ekosistem Europa mirip dengan Bumi.

Siklus oksigen dan hidrogen di samudera Europa kini menjadi poin penting dalam penelitian NASA. Kesamaan tersebut disinyalir jadi benang merah antara Bumi dan Europa.

Meski begitu, NASA belum bisa memutuskan apa memang Europa benar-benar seratus persen bisa dihuni nantinya. Masih banyak yang harus dilakukan NASA untuk menguak seperti apa ‘isi’ dari Europa.

(Jek/Cas)

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!